Daging sampil datar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Daging sampil datar (ID), Flat iron steak (US), butlers' steak (UK), feather blade steak (UK) atau oyster blade steak (Australia dan Selandia Baru) adalah potongan daging sapi yang dipotong dengan serat seratnya yang diambil dari sampil, atau bahu hewan.

Potongan[sunting | sunting sumber]

Potongan steak ini berasal dari bahu hewan sapi. [1] Letaknya bersebelahan dengan jantung gumpalan bahu, di bawah tujuh atau tulang dayung (tulang belikat atau skapula). Steak meliputi otot infraspinatus daging sapi, dan orang mungkin melihat ini ditampilkan di beberapa toko daging dan pasar daging sebagai daging punuk panggang atau secara informal disebut "steak teras". Secara anatomis, otot membentuk bagian dorsal manset rotator sapi jantan. Potongan ini secara anatomi berbeda dari has dalam bahu, yang terletak tepat di bawahnya dan merupakan teres mayor .

Steik yang dipotong silang dari otot ini disebut daging punuk atas, atau steak ayam.[2] Agar lebih dapat dipasarkan, potongan yang membentuk steak ini, yang memiliki fascia yang membagi infraspinatus di dalamnya, semakin banyak dipotong menjadi dua steak yang lebih rata, dengan fascia yang keras dihilangkan. Metode memecah potongan yang lebih besar ini adalah pembuatan steak besi pipih seperti yang kita kenal sekarang. Sebagai potongan daging utuh, bilah atas biasanya memiliki berat sekitar dua hingga tiga pon; biasanya menghasilkan empat steak masing-masing antara delapan dan 12 ons. Daging sampil datar biasanya memiliki banyak daging pualam .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Beef Foodservice - Beef Chuck, Shoulder Clod, Top Blade Steak (Flat Iron)". Cattlemen's Beef Promotion And Research Board. Diakses tanggal August 16, 2011. 
  2. ^ "The Unconsidered Cut". GQ. Diakses tanggal 12 Dec 2019.