Daftar tarik-turun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Daftar tarik-turun atau menu tarik-turun dengan entri umum

Daftar tarik-turun (DDT) adalah elemen kendali grafis, mirip dengan kotak daftar, yang memungkinkan pengguna dapat memilih satu nilai dari daftar dengan mengeklik atau mengarahkan kursor ke menu. Ketika daftar tarik-turun tidak aktif, ini akan menampilkan satu nilai. Ketika diaktifkan, ini menampilkan (turun ke bawah) daftar nilai, yang mana pengguna dapat memilih salah satu. Ketika pengguna memilih nilai baru, kontrol kembali ke keadaan tidak aktif, menampilkan nilai yang dipilih. Ini sering digunakan dalam desain antarmuka pengguna grafis, termasuk perancangan web .

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Jenis kendali ini disebut "menu pop-up" pada anjungan Macintosh ; [1] namun, istilah "menu pop-up" digunakan untuk merujuk pada menu konteks di sistem GUI lainnya. Macintosh juga memiliki gagasan "menu tarik-turun". Perbedaannya adalah, ketika menu ditutup, judul menu pop-up menampilkan item yang terakhir dipilih, sedangkan menu tarik-turun menampilkan judul statis seperti menu di bilah menu. Oleh karena itu, kegunaannya berbeda—menu pop-up digunakan untuk memilih satu opsi dari daftar, sedangkan menu tarik-turun digunakan untuk mengeluarkan perintah atau dalam kasus di mana beberapa opsi dapat dipilih.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Managing Pop-Up Buttons and Pull-Down Lists". Application Menu and Pop-up List Programming Topics. Mac Development Library. June 26, 2007. Diakses tanggal May 15, 2013.