Lompat ke isi

Daftar spesies tumbuhan alien invasif di indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Spesies asing invasif atau invasif alien species (IAS) merupakan spesies asing yang masuk ke dalam suatu ekosistem baru kemudian beradaptasi dan menyebar dengan cepat serta dapat mengalahkan spesies asli di ekosistemnya. Perlu adanya upaya penanggulangan IAS terhadap spesies asli di Indonesia. Beberapa jenis tumbuhan invasif memiliki kemampuan membelit pada tumbuhan lain sehingga akan menutup seluruh areal yang luas dan dapat mematahkan semai jenis-jensi tumbuhan lain yang dililitnya dan menutupinya sehingga pertumbuhan dari spesies asli dapat terhambat [1]

Berikut merupakan daftar beberapa spesies tumbuhan alien invasif di Indonesia[2]:



Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sunaryo, Sunaryo; Uji, Tahan; Tihurua, Eka Fatmawati (2012). "KOMPOSISI JENIS DAN POTENSI ANCAMAN TUMBUHAN ASING INVASIF DI TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN-SALAK, JAWA BARAT". BERITA BIOLOGI (dalam bahasa Indonesian). 11 (2): 231–239. ISSN 2337-8751. 
  2. ^ Setyawati, T., Narulita, S., Bahri, I.P., dan Raharjo, G.T. (2015). A Guide Book to Invasive Plant Species in Indonesia. Bogor: Research, Development and Innovation Agency. Ministry of Environment and Forestry.