Daftar padanan istilah fotografi dan videografi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perkembangan pengetahuan dan teknologi yang terus berlangsung, perlu diikuti dengan pengembangan peristilahan dalam bahasa Indonesia untuk memperkaya kosakata dan perbendaharaan kata termasuk dalam bidang fotografi dan videografi.

Pemadanan istilah dalam bahasa Indonesia juga bukan serta merta hanya menyerap kata asing , karena hal itu akan membuat hilangnya jati diri, dan keunikan identitas bahasa Indonesia. Untuk itu perlu adanya perpaduan antara terjemahan , alihbahasa dan penyerapan yang sesuai.

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Bahasa Inggris Istilah Indonesia Arti
Camera Kamera Perangkat elektronik atau optik yang digunakan untuk merekam gambar atau video dengan cara menangkap cahaya dan mengkonversinya menjadi citra
Light field camera Kamera medan cahaya Kamera yang dapat merekam cahaya yang datang dari berbagai arah dan kedalaman dalam sebuah adegan.
Field camera Kamera medan Kamera pandang dapat dilipat dan portabel dengan ukuran kompak dengan pergerakan terbatas.
Digital camera Kamera digital Perangkat elektronik yang digunakan untuk memvisualisasikan keadaan sekitar menggunakan sebuah sensor dalam format digital
Instant camera Kamera langsung jadi Kamera yang dapat memproses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan dengan menggunakan film polaroid
Pinhole camera Kamera tingkapan kecil Kamera yang menggunakan lubang kecil sebagai lensa. Cahaya yang melewati lubang tersebut menciptakan proyeksi terbalik dari objek yang difoto di bagian belakang kamera.
Press camera Kamera pers Kamera yang digunakan oleh wartawan atau fotografer pers dalam meliput berita atau kegiatan
Rangefinder camera Kamera tilik rentang Kamera yang dirancang untuk memantau area atau objek dengan jarak jauh.
Single-lens reflect camera Kamera pantul lensa tunggal Kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke jendela bidik dan rana bidang fokus
Twin-lens reflect camera Kamera pantul lensa kembar Kamera dengan dua lensa objektif dengan panjang fokus yang sama , yaitu lensa pengambilan gambar dan lensa jendela bidik
Toy camera Kamera mainan Kamera film sederhana dan murah
View camera Kamera pandang Kamera format besar yang lensanya membentuk gambar terbalik pada layar kaca kasar langsung pada bidang film
Time of flight camera Kamera waktu terbang Sistem kamera pencitraan rentang untuk mengukur jarak antara kamera dan subjek untuk setiap titik gambar berdasarkan waktu terbang
Dark room Kamar gelap Ruang yang dirancang gelap gulita untuk memungkinkan pemrosesan bahan fotografi peka cahaya , termasuk film dan kertas foto .
Enlarger Peluas Proyektor transparansi khusus yang digunakan untuk menghasilkan cetakan fotografi dari negatif film atau kaca , atau dari transparansi .
Safelight Cahaya selamat Sumber cahaya yang digunakan di kamar gelap fotografi yang memberikan penerangan hanya dari bagian spektrum tampak dimana bahan fotografi yang digunakan hampir, atau sama sekali tidak sensitif.
Photography film Film fotografi Lembaran dasar film transparan yang salah satu sisinya dilapisi dengan emulsi gelatin yang mengandung kristal perak halida peka cahaya kecil secara mikroskopis.
Film base Dasar film Substrat transparan yang bertindak sebagai media pendukung emulsi fotosensitif yang terletak di atasnya.
Film holder Tatakan film Aksesori yang menampung satu atau lebih lembar film fotografi , untuk dimasukkan ke dalam kamera atau perangkat pemindaian optik
Film stock Stok film Stok film adalah media analog yang digunakan untuk merekam gambar bergerak atau animasi .
Photography filter Penapis fotografi Aksesori kamera yang terdiri dari penapis optik yang dapat dimasukkan ke dalam jalur optik.
Flash Pendenyar Perangkat yang digunakan dalam fotografi yang menghasilkan semburan cahaya singkat untuk membantu menerangi suatu adegan.
Beauty dish Piring elok Perangkat pencahayaan fotografi yang menggunakan reflektor parabola untuk mendistribusikan cahaya menuju titik fokus dan menghasilkan efek dramatis
Cucoloris Kukoloris Perangkat untuk menghasilkan bayangan atau siluet untuk menghasilkan pencahayaan berpola.
Hot shoe Dudukan pendenyar Titik pemasangan di bagian atas kamera untuk memasang unit pendenyar dan aksesori lain yang kompatibel.
Lens hood Tudung lensa Perangkat yang digunakan di ujung depan lensa untuk menghalangi sinar matahari atau sumber cahaya lain guna mencegah silau.
Monolight Monocahaya Unit pendengar fotografis sederhana minimal terdiri dari catu daya, konektor daya, dan tabung denyar.
Reflector Pemantul Permukaan berdayapantul yang diimprovisasi atau khusus yang digunakan untuk mengarahkan cahaya ke subjek atau pemandangan tertentu.
Snoot Corong cahaya Tabung atau benda serupa yang dipasang di atas cahaya yang digunakan dalam pencahayaan teater atau fotografi , untuk mengendalikan arah dan radius pancaran cahaya.
Softbox Bingkai pemulus Bingkai yang diperkuat dengan kain atau bahan berdayapantul, yang biasanya berbentuk kotak untuk menciptakan pencahayaan yang lembut dan merata.
Lens Lensa Alat untuk mengumpulkan atau menyebarkan cahaya, biasanya dibentuk dari sepotong kaca yang dibentuk.
Long-focus lens Lensa fokus-panjang Lensa yang mempunyai panjang fokus lebih panjang dari ukuran diagonal film atau pengindra yang menerima gambarnya.
Prime lens Lensa tetap Lensa fotografi dengan panjang fokus tetap biasanya dengan tingkatan maksimum dari f2.8 hingga f1.2
Zoom lens Lensa variabel Lensa kamera yang panjang fokusnya (dan sudut pandangnya ) dapat divariasikan, berbeda dengan lensa dengan panjang fokus tetap.
Wide-angle lens Lensa pandang-luas Lensa yang mencakup sudut pandang yang besar . Sebaliknya, panjang fokusnya jauh lebih kecil.
Fisheye lens Lensa mata ikan Lensa sudut purnalebar yang menghasilkan distorsi visual kuat yang dimaksudkan untuk menghasilkan gambar panorama atau hemisferis yang lebar.
Swivel lens Lensa putar Lensa yang dapat berputar bebas saat dipasang pada badan kamera.
Telephoto lens Lensa telefoto Lensa fokus panjang tertentu yang panjang fisik lensanya lebih pendek daripada panjang fokusnya.
Monopod Ekacagak Tongkat atau tiang tunggal yang digunakan untuk membantu menopang kamera, teropong , senapan , atau instrumen presisi lainnya di lapangan.
Tripod Tricagak Tongkat atau tiang kaki tiga yang digunakan untuk membantu menopang kamera, teropong , senapan , atau instrumen presisi lainnya di lapangan.
Film projector Proyektor film Perangkat opto - mekanik untuk menampilkan film gambar bergerak dengan memproyeksikannya ke layar.
Slide projector Proyektor salindra Perangkat opto-mekanis untuk menampilkan salindra fotografi .
Zone plate Piringan zona Perangkat yang digunakan untuk memfokuskan cahaya atau benda lain yang menunjukkan karakter gelombang
Viewfinder Jendela bidik Jendela kecil pada kamera untuk melihat object yang akan diambil oleh juru foto.
Slide film Film salindra jenis film fotografi yang menghasilkan gambar positif dengan dasar transparan
Focal-plane shutter Rana bidang fokus Rana fotografi yang ditempatkan tepat di depan bidang fokus kamera, yaitu tepat di depan film fotografi atau pengindra gambar .
Rotary disk shutter Rana cakram putar Cakram setengah lingkaran yang berputar di depan gerbang film , secara bergantian memungkinkan cahaya dari lensa mengenai film, atau menghalanginya.
Air-gap flash Denyar celah-udara Sumber cahaya fotografi yang mampu menghasilkan kilatan cahaya sub-mikrodetik, sehingga memungkinkan fotografi (ultra) berkecepatan tinggi
Sound blimp Pelindap suara Wadah yang dipasang pada kamera yang berfungsi meredam suara, seperti klik rana pada kamera SLR , dan motor pada kamera gambar bergerak.
Slide viewer Penampil salindra Perangkat untuk melihat ketembuspadangan film atau gambar fotografi serupa.
Slide copier Penyalin salindra perangkat optik sederhana yang dapat diikatkan ke dudukan lensa kamera untuk memungkinkan pembuatan duplikat salindra.
Diaphragm Diafragma Struktur tipis legap dengan tingkapan atau bukaan di tengahnya.
Dew shield Perisai embun Perangkat yang digunakan untuk mencegah penumpukan kelembapan atau kondensasi pada lensa kamera atau pengumpul teleskop selama pengamatan malam hari.

Kamera digital[sunting | sunting sumber]

Bahasa Inggris Istilah Indonesia Arti
Digital camera Kamera digital Kamera yang menangkap foto dalam memori digital.
Digital single-lens reflex camera Kamera pantul lensa tunggal digital Kamera digital yang menggabungkan optik dan mekanisme kamera pantul lensa tunggal dengan pengindra gambar keadaan padat dan merekam gambar dari pengindra secara digital.
Mirrorless interchangeable-lens camera Kamera lensa silih-tukar nircermin Kamera digital yang tidak menggunakan cermin secara berurutan, untuk memastikan bahwa gambar yang disajikan kepada fotografer melalui jendela bidik sama dengan gambar.
Digital camera back Pungkuran kamera digital Perangkat yang dipasang pada bagian belakang kamera sebagai pengganti dudukan film negatif tradisional dan berisi pengindra gambar elektronik.
Film scanner Pemindai film Perangkat yang dibuat untuk memindai film fotografi langsung ke komputer tanpa menggunakan perantara seni grafis.
Image sensor Pengindra citra Pengindra yang mendeteksi dan menyampaikan informasi yang digunakan untuk membentuk suatu citra.
Active-pixel sensor Pengindra piksel-aktif Pengindra dimana setiap sel unit pengindra piksel memiliki fotodetektor (biasanya fotodioda yang disematkan ) dan satu atau lebih transistor aktif.
Charge-coupled device Perangkat tergandeng muatan Rangkaian terpadu yang berisi rangkaian kapasitor yang dihubungkan atau digabungkan.
Slide film Film salindra Jenis film fotografi yang menghasilkan gambar positif dengan dasar transparan.

Teknik[sunting | sunting sumber]

Bahasa Inggris Istilah Indonesia Arti
Afocal Afokal Metode fotografi di mana kamera dengan lensa terpasang dipasang di atas lensa mata sistem pembentuk gambar lain seperti teleskop optik atau mikroskop optik.
Burst shoot Tangkapan tunak Mode pemotretan dalam kamera diam yang mana beberapa foto diambil secara berurutan dengan cepat baik dengan menekan tombol rana atau menahannya.
Bokeh Bokeh Kualitas estetika keburaman yang dihasilkan saat tidak fokus bagian dari suatu gambar, yang disebabkan oleh lingkaran gamang.
Brenizer Brenizer Teknik fotografi yang ditandai dengan penciptaan gambar digital yang memperlihatkan kedalaman bidang yang dangkal bersamaan dengan sudut pandang yang lebar .
Fill flash Isi denyar Teknik fotografi yang digunakan untuk mencerahkan area bayangan dalam, biasanya di luar ruangan pada hari cerah.
Cyanotype Birurupa ; sianotipe Formulasi pencetakan fotografi ekonomis dan bereaksi lambat yang sensitif terhadap spektrum cahaya purnaungu dekat dan cahaya biru terbatas, kisaran 300 nm hingga 400 nm dikenal sebagai radiasi UVA
Contre-jour Tuju-cahaya Teknik fotografi di mana kamera mengarah langsung ke sumber cahaya.
High-speed photography Fotografi kecepatan tinggi Teknik foto yang diambil dengan kamera yang mampu menghasilkan 69 bingkai per detik atau lebih, dan setidaknya tiga bingkai berturut-turut.
Holography Holografi Teknik yang memungkinkan muka gelombang direkam dan kemudian direkonstruksi.
Infrared photography Fotografi inframerah Film fotografi atau pengindra gambar yang digunakan sensitif terhadap cahaya inframerah .
Intentional camera movement Pergerakan kamera mendalam Kamera digerakkan selama pemaparan untuk menghasilkan efek kreatif atau artistik.
Kirlian photography Fotografi kirlian Kumpulan teknik fotografi yang digunakan untuk menangkap fenomena lucutan koronal listrik.
Long-exposure photography Fotografi pajanan-panjang Fotografi yang melibatkan durasi panjang untuk secara tajam menangkap elemen gambar yang tidak bergerak sembari mengaburkan , mencoreng, atau mengaburkan elemen bergerak
Multi-exposure HDR capture Tangkapan RDT multipajanan Teknik yang menghasilkan gambar rentang dinamis tinggi (RDT) (atau gambar rentang dinamis yang diperluas ) dengan mengambil dan menggabungkan beberapa pajanan dari subjek yang sama pada pajanan berbeda.
Photographic toning Pengeliran fotografi Metode mengubah warna foto hitam putih .
Panning Memesong Memutar kamera diam atau kamera video secara horizontal dari posisi tetap yang menghasilkan pandangan seolah-olah "melewati" pemirsa saat materi baru muncul di satu sisi layar dan keluar dari sisi lainnya.
Slow motion Gerak lambat Efek dalam pembuatan film yang mengakibatkan waktu tampak seakan diperlambat.
Timelapse Selang waktu Teknik di mana frekuensi pengambilan bingkai film ( kecepatan bingkai ) jauh lebih rendah daripada frekuensi yang digunakan untuk melihat urutannya.
Stopping down Henti turun Mengacu pada peningkatan angka f-stop numerik (misalnya, mulai dariF /2 sampaiF /4), yang memperkecil ukuran (diameter) bukaan lensa , sehingga mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke iris lensa.
Strip photography Fotografi lajur Teknik fotografi yang menangkap gambar dua dimensi sebagai rangkaian gambar satu dimensi dari waktu ke waktu, berbeda dengan foto normal yang merupakan gambar dua dimensi tunggal (bidang penuh) sekaligus.
Slit-scan photography Fotografi pindai-lajur Proses fotografi dan sinematografi di mana salindia digerakkan, dan lajur dipotong, disisipkan di antara kamera dan subjek yang akan difoto.
Tilt and shift photography Fotografi kemiringan dan pergeseran Penggunaan gerakan kamera yang mengubah haluan atau posisi lensa terhadap film atau pengindra gambar pada kamera .
Zoom burst Ledak sorot Teknik fotografi yang dapat dicapai dengan lensa zum dengan cincin zum manual.

Foto, video dan gambar[sunting | sunting sumber]

Bahasa Inggris Istilah Indonesia Arti
High Dynamic Range (HDR) Rentang Dinamis Tinggi (RDT) Rentang dinamis yang lebih tinggi dari biasanya.
High definition (HD) Definisi tinggi (DT) Video dengan resolusi dan kualitas lebih tinggi daripada definisi standar .
Joint Photographic Experts Group (JPEG) Gugus Pakar Fotografi Gabungan (GPFG) Format gambar, sangat berguna untuk membuat gambar jenis fotografi berkualitas tinggi dalam ukuran berkas yang sangat kecil.
Portable Network Graphic (PNG) Grafik Jaringan Mudah Alih (GJMA) Format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut.
Graphic Interchange Format (GIF) Format Silih Ganti Grafis (FSGG) Format gambar bitmap yang umumnya berupa gambar bergerak atau animasi singkat.
Tagged Image File Format (TIFF) Format Berkas Citra Bertanda (FBCB) Format gambar terbaik dengan pengertian bahwa semua data dan informasi yang berkaitan dengan koreksi atau manipulasi terhadap gambar tersebut tidak hilang.
Portable Document Format (PDF) Format Dokumen Mudah Alih (FDMA) Format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital.
Scalable Vector Graphics (SVG) Grafis Vektor Terskala (GVT) Format gambar yang menggunakan XML sebagai dasar untuk membentuk gambar vektor dua dimensi.
Moving Picture Experts Group (MPEG) Gugus Pakar Gambar Bergerak (GPGB) Nama organisasi internasional ISO/IEC yang mengembangkan standar penyandian citra bergerak.
Resolution Penderaian ; resolusi Banyaknya rincian yang tersimpan dalam suatu gambar citra atau video.
Pixel ; picture element Piksel ; unsur gambar (surgam) Unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci.
Advanced Authoring Format Format Pengarangan Tingkat Lanjut Format berkas untuk pertukaran data lintas anjungan profesional, yang dirancang untuk lingkungan pasca produksi dan pembuatan video.
Absolute Category Rating Pemeringkatan golongan mutlak Metode pengujian dan pemeriksaan rangkaian foto atau video yang digunakan dalam pengujian kualitas .
Autoconform Autosusun ; autokonfigurasi Proses pascaproduksi penyuntingan video di mana sistem penyuntingan daring menggabungkan daftar keputusan sunting berbasis kode waktu yang dibuat dari sistem penyuntingan luring dengan materi sumber video dan audio asli.
Chroma subsampling Subpemercontohan kroma Praktik penyandian gambar dengan menerapkan penderaian yang lebih kecil untuk informasi kroma dibandingkan informasi luma.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Bahasa Inggris Istilah Indonesia Arti
Angle of view Sudut pandang Istilah yang menggambarkan luas sudut suatu pemandangan tertentu yang dicitrakan oleh kamera.
Aperture Tingkapan Lubang pada bidang diafragma tempat berlalunya sinar pendar kilau
Backscatter Hamburan balik Fenomena optik yang menghasilkan artefak melingkar pada gambar, karena lampu kilat kamera dipantulkan dari butiran debu , tetesan air , atau partikel lain yang tidak fokus di udara.
Black and white Hitam dan putih Istilah fotografi yang memadukan warna hitam dan putih untuk menghasilkan rentang kecerahan abu - abu akromatik .
Chromatic aberration Penyimpangan kromatik Kegagalan lensa untuk memfokuskan semua warna ke titik yang sama yang disebabkan karena pemencaran cahaya
Circle of confusion Lingkaran gamang Titik optik yang disebabkan oleh kerucut sinar cahaya dari lensa yang tidak mencapai fokus sempurna saat mencitrakan sumber titik.
Color balance Keseimbangan warna Penyesuaian intensitas warna secara global (biasanya warna primer merah, hijau, dan biru ).
Color temperature Suhu warna Parameter yang mendeskripsikan warna sumber cahaya tampak dengan membandingkannya dengan warna cahaya yang dipancarkan oleh benda ideal buram dan legap.
Depth of field Kedalaman bidang Jarak antara objek terdekat dan terjauh yang berada dalam fokus tajam yang dapat diterima dalam gambar yang diambil dengan kamera .
Depth of focus Kedalaman fokus Konsep optik lensa yang mengukur toleransi penempatan bidang gambar ( bidang film dalam kamera) dalam kaitannya dengan lensa.
Exposure Pajanan Istilah dalam fotografi yang mengacu kepada banyaknya cahaya yang jatuh ke medium (film atau pengindra gambar) dalam proses pengambilan foto.
Exposure compensation Penyelarasan pajanan Teknik untuk menyesuaikan pencahayaan yang ditunjukkan oleh pengukur pencahayaan fotografi.
Exposure value Nilai pajanan Angka yang mewakili kombinasi kecepatan rana kamera dan angka -f , sehingga semua kombinasi yang menghasilkan pajanan yang sama.
Zebra patterning Pemolaan zebra Fitur yang ditemukan pada beberapa kamera video dan sebagian besar profesional untuk membantu pencahayaan yang benar.
F-number Nomor-F Ukuran kemampuan pengumpulan cahaya sistem optik seperti lensa kamera . Ini dihitung dengan membagi panjang fokus sistem dengan diameter pupil masuk.
Film format Format film Sekumpulan karakteristik standar mengenai pengambilan gambar pada film fotografi untuk gambar diam atau stok film untuk pembuatan film.
Film speed Kecepatan film Ukuran kepekaan film fotografi terhadap cahaya , ditentukan oleh sensitometri dan diukur pada berbagai skala numerik.
Focal length Jarak fokus Sistem optik adalah ukuran seberapa kuat sistem tersebut menyatukan atau menyebarkan cahaya.
Guide number Nomor panduan Ukuran yang dapat digunakan juru foto untuk menghitung hentian-f yang diperlukan untuk jarak pendenyar ke subjek tertentu, atau jarak yang diperlukan untuk hentian-f tertentu.
Hyperfocal distance Jarak hiperfokus Jarak dari lensa yang di luarnya semua objek dapat dibawa ke fokus yang "dapat diterima.
Lens flare Suar lensa Kondisi ketika cahaya tersebar dalam sistem lensa , sering kali sebagai tanggapan terhadap cahaya terang, sehingga menghasilkan artefak yang terkadang tidak diinginkan pada gambar.
Metering mode Mode ukur Cara kamera menentukan pajanan . Kamera umumnya memungkinkan pengguna untuk memilih antara mode pengukuran titik , rata-rata tertimbang tengah , atau multi-zona .
Perspective distortion Penyimpangan perspektif Pembengkokan atau transformasi suatu objek dan area sekitarnya yang berbeda secara signifikan dari objek yang terlihat dengan panjang fokus norma.
Photographic printing Pencetakan fotografis Proses menghasilkan gambar akhir di atas kertas untuk dilihat, menggunakan kertas yang peka secara kimia.
Photo Foto Gambar yang dibuat oleh cahaya yang jatuh pada permukaan pekacahaya, biasanya film fotografi atau pengindra gambar elektronik.
Reciprocity Ketimbalbalikan Hubungan terbalik antara intensitas dan durasi cahaya yang menentukan reaksi material peka cahaya.
Shutter speed Kecepatan rana Lamanya waktu film atau pengindra digital di dalam kamera terkena cahaya (yaitu, saat rana kamera terbuka ) saat mengambil foto.
Shutter lag Sendat rana Jeda antara pemicuan rana dan saat foto benar-benar direkam.
Shutter Rana Mekanisme yang mengontrol durasi pemaparan, menentukan berapa lama pengindra kamera atau film terkena cahaya saat mengambil foto.
Flash synchronization Penyesuaian denyar Penyesuaian penyalaan lampu denyar fotografi dengan pembukaan rana yang memungkinkan cahaya masuk ke film fotografi atau pengindra gambar elektronik