Daftar komisaris tinggi Britania Raya untuk Selandia Baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komisi Tinggi Inggris di Wellington

Komisaris tinggi Britania Raya untuk Selandia Baru adalah perwakilan diplomatik terkemuka Inggris di Selandia Baru, dan pemimpin misi diplomatik Britania Raya di Selandia Baru. Karena Britania Raya dan Selandia Baru sama-sama anggota Persemakmuran Bangsa-Bangsa (dipimpin kepala negara yang sama, yaitu Raja/Ratu Inggris), hubungan diplomatik mereka berada di tingkat pemerintahan, daripada antara kepala negara. Sehingga, kedua negara saling bertukar komisaris tinggi, bukan duta besar.

Komisaris tinggi Britania Raya untuk Selandia Baru juga merupakan gubernur non-residen di Kepulauan Pitcairn, Henderson, Ducie dan Oeno, sebuah Wilayah Seberang Laut Inggris, dan sebelumnya merupakan komisaris tinggi non-residen di Negara Merdeka Samoa.[1] Selain komisi tinggi di Wellington, pemerintah Inggris memiliki konsulat jenderal di Auckland.[2]

Daftar komisaris tinggi[sunting | sunting sumber]

Tokoh-tokoh berikut menjabat sebagai komisaris tinggi Inggris untuk Selandia Baru sejak tahun 1939:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "British High Commission Wellington". gov.uk. 
  2. ^ "British Consulate General Auckland". gov.uk. 
  3. ^ "Change of High Commissioner to New Zealand". Press release. Foreign & Commonwealth Office. 18 February 2002. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 June 2011. 
  4. ^ "Change of High Commissioner to New Zealand". Press release. Foreign & Commonwealth Office. 8 February 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 June 2011. 
  5. ^ "Change of High Commissioner to New Zealand". Press release. Foreign & Commonwealth Office. 10 September 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 October 2009. 
  6. ^ "Jonathan Sinclair". gov.uk. 
  7. ^ "Change of British High Commissioner to New Zealand". Foreign & Commonwealth Office. 13 September 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]