Daftar Paus yang berumah tangga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Berikut ini adalah daftar Paus yang berumah tangga, imam Katolik yang tidak selibasi sebelum mereka menjadi Paus, dan Paus yang secara sah menikah. Beberapa kandidatnya berumah tangga sebelum mereka terpilih menjadi Paus, dan yang lainnya dituduh berrumah tangga sebelum masa jabatan kepausan mereka. Hubungan-hubungan semacam ini sering kali dilakukan di luar ikatan sakramen perkawinan dan setiap kegiatan rumah tangga yang dilakukan dianggap dosa besar oleh Gereja Katolik. Konsili Lateran Kedua (1139) membuat janji untuk mempertahankan selibasi sebagai persyaratan untuk penahbisan, meniadakan sanksi apapun kepada imam yang berumah tangga.

Terdapat berbagai klasifikasi untuk para Paus yang berrumah tangga beberapa kali pada masa hidup mereka. Periode-periode pengasuhan merujuk kepada tahun-tahun kepausan mereka.

Paus yang menikah[sunting | sunting sumber]

Nama Masa jabatan Hubungan Keperanakan Catatan
Santo Petrus (Simon Petrus) ibu mertua disebutkan dalam ayat-ayat Injil Matius 8:14–15, Lukas 4:38, Markus 1:29–31 yang disembuhkan oleh Yesus di rumahnya di Kapernaum. Ini jelas menggambarkan Petrus sebagai pria yang berrumah tangga, dan 1 Korintus 9:5 menyatakan bahwa istri Petrus menemaninya pada misinya.[1] Ya[2] Legenda berikutnya, bermula dari abad ke-6, menyatakan bahwa Petrus memiliki seorang putri – diidentifikasikan sebagai Santa Petronila. Namun, ini tampaknya adalah hasil dari kemiripan nama mereka.[3][4]
Paus Hormisdas (514–523) menikah dan menduda sebelum ia mengambil Sumpah Suci Ya ayah dari Paus Silverius.[5]
Paus Adrianus II (867–872) menikahi Stephania sebelum ia mengambil Sumpah Suci,[6] istrinya masih hidup saat ia terpilih menjadi Paus dan menetap dengannya di Istana Lateran Ya (seorang putri) Istri dan putrinya bermukim dengannya sampai mereka dibunuh oleh Eleutherius, saudara Anastasius Bibliothecarius, kepala pustakawan gereja.[7]
Paus Yohanes XVII (1003) menikah sebelum terpilih menjadi Paus Ya (tiga putra) semuanya menjadi imam.[8]
Paus Klemens IV (1265–1268) menikah sebelum mengambil sumpah suci Ya (dua putri) keduanya masuk sebuah konven[9]
Paus Honorius IV (1285–1287) menikah sebelum ia mengambil Sumpah Suci, menduda sebelum menjadi rohaniwan Ya setidaknya dua putra[10]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cited by Eusebius, Church History, III, 30. Full text at Clement of Alexandria, Stromata VII, 11.
  2. ^ Clement of Alexandria wrote: "For Peter and Philip begat children" in "Clements, Stromata (book VII) / Eusebius, Church History (Book III)". Newadvent.org. Diakses tanggal 2012-11-28. 
  3. ^  Herbermann, Charles, ed. (1913). "St. Petronilla". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. .
  4. ^ "St. Peter's – Altar of St Petronilla". Saintpetersbasilica.org. Diakses tanggal 2011-10-18. 
  5. ^  Kirsch, Johann Peter (1910). "Pope St. Hormisdas". Dalam Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia. 7. New York: Robert Appleton Company. 
  6. ^  Loughlin, James Francis (1907). "Pope Adrian II". Dalam Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia. 1. New York: Robert Appleton Company. 
  7. ^ Dopierała, K. (1996). Księga Papieży. Poznań: Pallotinum. hlm. 106. 
  8. ^ *  Kirsch, Johann Peter (1910). "Pope John XVII (XVIII)". Dalam Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia. 8. New York: Robert Appleton Company. 
  9. ^  Loughlin, James Francis (1908). "Pope Clement IV". Dalam Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia. 4. New York: Robert Appleton Company. 
  10. ^ "The Cardinals of the Holy Roman Church: Cardinal Giacomo Savelli". Fiu.edu. Diakses tanggal 2011-10-18. [rujukan terbitan sendiri]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • The Bad Popes, Chamberlin, E.R., Sutton History Classics, 1969 / Dorset; New Ed edition 2003.
  • The Pope Encyclopedia: An A to Z of the Holy See, Matthew Bunson, Crown Trade Paperbacks, New York, 1995.
  • The Papacy, Bernhard Schimmelpfennig, Columbia University Press, New York, 1984.
  • Lives of the Popes, Richard P. McBrien, Harper Collins, San Francisco, 1997.
  • Papal Genealogy, George L. Williams, McFarland& Co., Jefferson, North Carolina, 1998.
  • Sex Lives of the Popes, Nigel Cawthorne, Prion, London, 1996.
  • Popes and Anti-Popes, John Wilcock, Xlibris Corporation, 2005.
  • La véritable histoire des papes, Jean Mathieu-Rosay, Grancher, Paris, 1991