Dady P. Rachmananta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dady P. Rachmananta, (lahir 28 Februari 1949) adalah Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dari tanggal 19 Juni 2001 hingga tahun 2009.[1]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dady P. Rachmananta awalnya ingin menjadi seorang penerbang. Namun, ia gagal karena terdapat persyaratan di Akademi Angkatan Udara bahwa anak tunggal tidak dapat menjadi seorang pilot di TNI Angkatan Udara.

Pada awalnya kedua orang tua Dady berharap ia masuk sekolah kedokteran. Namun, karena gagal ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan teknik, Universitas Trisakti dan meraih gelar sarjana teknik muda. Selain berkuliah, Dady juga kursus Akademi Bahasa Asing mengambil bahasa Inggris,di Jakarta. Saat ingin melanjutkan kuliah sarjana (S1) teknik, Dady mendapatkan informasi bahwa Universitas Indonesia, Fakultas Sastra membuka penerimaan mahasiswa transfer dari jurusan apa saja. Dia kemudian mendaftarkan diri ke Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jurusan Ilmu Perpustakaan dan berhasil menyelesaikan studinya pada tahun 1976. Semasa kuliah, Dady mencari tambahan uang dengan bekerja di berbagai tempat sebagai penerjemah bahasa asing, pemandu wisata, dan bekerja di Lembaga Inggris-Amerika (LIA) sebagai guru bahasa Inggris.

Dia melanjutkan pendidikan di jurusan Library Science of Graduate School, University of Hawaii pada tahun 1987.[1]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Dia aktif dalam organisasi Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) pada tahun 1983 dan Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORAI) pada tahun 1994.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Apa dan Siapa Tempo". Jakarta: Pusat Data dan Analisis Tempo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-18. Diakses tanggal 2021-01-30.