Dadu Tuscania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemindaian tulisan pada salah satu dadu.
śa
zal huθ maχ θu
ci

Dadu Tuscania atau dadu Toscanella adalah sepasang dadu yang ditemukan pada tahun 1848 di kota Tuscania di Provinsi Viterbo. Lazio, Italia yang bertuliskan angka 'satu' hingga 'enam' dalam bahasa Etruria. Benda ini adalah salah satu bukti utama untuk angka bahasa Etruria.

Sisi-sisinya tertulis:

θu, zal, ci, huθ, maχ, śa,

yang mungkin dilafalkan:

[tʰu], [tsal], [ki], [hutʰ], [makʰ] (atau mungkin [makʷʰ]), dan [ʃa].

Sisi berlawanan dari kedua dadu menampilkan θu dan huθ, zal dan maχ, serta ci dan śa.

Disepakati secara umum, berdasarkan prasasti lain, bahwa θu, zal, ci, dan maχ masing-masing berarti 'satu', 'dua', 'tiga', dan 'lima'. Huθ dan śa berarti 'empat' dan 'enam', tetapi yang mana masih diperdebatkan.

Dadu Etruria yang ditandai dengan titik menunjukkan dua pengaturan, yang lebih tua (1:2, 3:4, 5:6), dengan masing-masing pasangan berbeda satu, dan yang lebih muda (1:6, 2:5, 3:4), dengan setiap pasangan menambah tujuh (pola umum sekarang). Dalam kedua susunan tersebut, angka 3 dan 4 saling berhadapan, jadi śa, yang berlawanan dengan ci 'tiga', harus menjadi kata Etruria untuk 'empat'.[1]

Namun, kesimpulan ini bertentangan dengan bukti panjang bahwa śa berarti 'enam' dan huθ berarti 'empat'.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Artioli, G.; Nociti, V.; Angelini, I. (October 2011). "Gambling with Etruscan Dice: A tale of numbers and letters". Archaeometry. 53 (5): 1031–1043. doi:10.1111/j.1475-4754.2011.00596.x. 
  2. ^ Pallottino, M. (1964). "Un gruppo di nuove iscrizioni tarquiniesi e il problema dei numerali etruschi". Studi Etruschi: 121–122. 
  3. ^ Etruscan numerals: problems and results of research (PDF), S. A. Yatsemirsky