Dalat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Da Lat)
Dalat
Da Lat
Da Lat
Julukan: 
City of flowers
Country Vietnam
ProvinsiProvinsi Lam Dong
DemonymDalatese
Populasi
 (2009)
 • Total206.000
Dalat

Dalat (pdd. 206.000 dari 2009, dieja Đà Lạt dalam bahasa Vietnam) dengarkan ialah ibu kota Provinsi Lâm Đồng di Vietnam. Kota ini terletak 1500 m (4.920 kaki) di atas permukaan laut di Dataran Tinggi Langbian di bagian selatan Tanah Tinggi Tengah (dalam bahasa Vietnam - Tây Nguyên). Menurut mitos dari masa penjajahan Prancis, nama itu diturunkan dari singkatan frasa Latin 'Dat Aliis Laetitiam Aliis Temperiem’ ("Memberi Kesenangan pada Beberapa Orang, Kesegaran pada yang Lainnya), yang pemerintah kolonial Prancis menggunakannya dalam lambang resmi Đà Lạt. Nyatanya nama itu diturunkan dari kelompok etnis setempat Lạt dan arti aslinya ialah "Aliran Lạt". Di Vietnam, Đà Lạt ialah sebuah tujuan wisata terkenal - dihargai karena iklim sedangnya, pemandangan yang menarik seperti air terjun dan danau dan melimpahnya bunga dan sayuran.

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Selama 1890-an, para penjelajah di daerah itu (termasuk bakteriolog terkenal Alexandre Yersin, anak didik kimiawan terkenal Louis Pasteur), yang saat itu merupakan bagian dari wilayah Prancis Cochinchina, meminta gubernur daerah itu untuk membangun pusat peristirahatan di dataran tinggi. Gubernur setuju, dan, pada 1907, hotel pertama dibangun.

Prancis membantu kota ini dengan vila dan jalanan, dan pesona Swissnya tetap ada kini. Mereka juga membangun sekolah di mana anak-anak dari seluruh Indochina diajar oleh para pendeta, biarawati, dan ekspatriat Prancis. Ada seminari Yesuit dan orde lainnya. Kaum elit dari Akademi Militer Nasional Vietnam lulus dari tingkat pertama dari pendidikan pada masa depan pada 1950. Ada pula sekolah penerbangan di Bandara Cam Ly.

Selama PD II, Đà Lạt ialah ibu kota Federasi Indochina (1939 - 1945). Di kota inilah, Bung Karno dkk bertemu dengan Marsekal Hisaichi Terauchi untuk merundingkan masa depan Indonesia.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Arsitektur Da Lat didominasi oleh gaya dari periode kolonial Prancis. Stasiun Kereta Api Da Lat, yang dibangun pada tahun 1938, dirancang dalam gaya arsitektur Art Deco oleh arsitek Prancis, Moncet dan Reveron, meskipun menampilkan atap tinggi berpuncak khas dari bangunan komunal Cao Nguyen di Tengah-tengah Vietnam. Tiga atap ganda tersebut mewakili versi art deco dari Stasiun Trouville-Deauville di Normandia.[1] Desain unik dari stasiun ini — dengan atapnya, langit-langit lengkung, dan jendela kaca berwarna — membuatnya diakui sebagai monumen bersejarah nasional pada tahun 2001.[2][3]

Mereka juga merancang Lycée Yersin, yang dibuka pada tahun 1927.[4]

Gereja dan Biara Dominion of Mary, tempat tinggal para biarawati Katolik Roma dari Misi Kasih, dibangun pada tahun 1938 dengan gaya atap berpuncak serupa.

Rumah tamu Hằng Nga dihiasi dengan bentuk-bentuk organik yang melingkar.

Terutama yang menarik adalah arsitektur tak konvensional dari Penginapan Hằng Nga, yang populer dengan sebutan "Crazy House". Dikatakan sebagai "rumah dongeng", desain keseluruhannya menyerupai pohon banyan raksasa, menggabungkan elemen desain berukir yang mewakili bentuk-bentuk alami seperti hewan, jamur, jaring laba-laba, dan gua. Arsitekturnya, yang terdiri dari bentuk-bentuk kompleks, organik, dan tidak beraturan, telah dijelaskan sebagai ekspresionis. Penciptanya, arsitek Vietnam Dang Viet Nga (juga dikenal sebagai Hằng Nga), yang memegang gelar PhD dalam arsitektur dari Universitas Negeri Moskow, telah mengakui inspirasi dari arsitek Antoni Gaudí dari Catalonia, Spanyol dalam desain bangunan ini. Pengunjung telah membandingkan penginapan ini dengan karya-karya seniman seperti Salvador Dalí dan Walt Disney.[5][6] Sejak dibuka pada tahun 1990, bangunan ini mendapatkan pengakuan atas arsitektur uniknya, telah diangkat dalam berbagai panduan wisata, dan masuk dalam daftar sepuluh bangunan "aneh" di dunia menurut People's Daily dari Tiongkok.[7][8][9] Meskipun secara keseluruhan tampak menghibur, kompleks ini sedikit mengecewakan karena tumpukan puing konstruksi dan sampah rumah tangga di belakang fasadnya, serta kurangnya perhatian terhadap masalah keamanan.


Rumah Pangeran Ketiga

Da Lat juga terkenal dengan tiga istana Kaisar Terakhir Vietnam. Istana Pertama dibangun pada tahun 1940 oleh miliarder Prancis, Robert Clément Bourgery, dan dibeli oleh Kaisar Bảo Đại pada tahun 1949. Istana ini digunakan sebagai istana musim panas untuk Presiden Ngo Dinh Diem dan para presiden berikutnya dari Republik Vietnam hingga tahun 1975. Istana Kedua dibangun pada tahun 1933 sebagai istana musim panas untuk Gubernur Indochina Prancis, Jean Decoux. Dibangun antara tahun 1933 hingga 1938, Istana Ketiga menjadi tempat tinggal Kaisar Bảo Đại dan keluarganya. Istana ini memiliki gaya Eropa yang khas karena kedua bagian depan dan belakangnya dilengkapi dengan taman bunga.[10] Saat ini, Istana Ketiga dibuka untuk para wisatawan yang ingin melihat kembali masa lalu saat Ratu Nam Phuong tinggal di sana selama hidupnya.

Ciri lingkungan[sunting | sunting sumber]

Đà Lạt ialah tempat dari Danau Xuan Huong seluas 5 km² yang dibuat manusia. Suhu rata-rata 17 °C, dan tak melampaui 19 °C di musim terpanas. Đà Lạt terkenal karena bunga anggrek, mawar, sayuran, dan buah-buahannya. Ada industri pembuatan anggur yang mulai tumbuh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Samantha Coomber (1 January 2008). "Paradise by the Dashboard Light". Air Canada enroute. Air Canada enRoute. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 February 2012. Diakses tanggal 22 September 2012. 
  2. ^ Minh Thu (2009-02-22). "Little Paris charms visitors". Asia News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-15. Diakses tanggal 2010-07-16. 
  3. ^ John Colet, Joshua Eliot (2002). Vietnam handbookPerlu mendaftar (gratis). Footprint Travel Guides. hlm. 252. ISBN 978-1-903471-31-9. Diakses tanggal 2010-07-28. 
  4. ^ "Dalat (Da Lat)". Saigon Vietnam (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 2015-11-07. 
  5. ^ Fida Wild (2009–2012). "The Crazy House". Unusual Travel Destinations. Unusual-Travel-Destinations.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 June 2012. Diakses tanggal 24 September 2012. 
  6. ^ Madame Hang Nga's Crazy House. Maggie Huff-Rousselle. The Globe and Mail. Diarsipkan July 7, 2011, di Wayback Machine.
  7. ^ "Da Lat 'Crazy House' joins bizarre global list". Vietnam Plus. Vietnam News Agency (VNA). 22 September 2009. Diakses tanggal 24 September 2012. 
  8. ^ "Da Lat's "Crazy House"". Diarsipkan dari versi asli tanggal June 12, 2008. 
  9. ^ Cổng thông tin du lịch Đà Lạt. "tour đà lạt". Diakses tanggal 26 July 2023. 
  10. ^ "Các Dinh I, II, III". www.lamdong.gov.vn. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-12. Diakses tanggal 2019-02-10. 

Pranala luar dan Referensi[sunting | sunting sumber]