Bắc Ninh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kuil Bà Chúa Kho

Bắc Ninh (Tentang suara ini listen) adalah sebuah kota di bagian utara Vietnam dan merupakan ibu kota Provinsi Bac Ninh. Kota ini adalah pusat budaya, administrasi dan komersial provinsi. Luas kota adalah 82,60 km persegi, dengan populasi 501.199 pada November 2017. Pada Januari 2006, kota (thị xã) Bắc Ninh ditingkatkan menjadi kota (thành phố).

Pada Maret 1884, Bắc Ninh adalah situs kampanye yang menentukan dalam pertempuran antara Prancis dan berbagai Pasukan Bendera Hitam, dan kota itu jatuh ke tangan Prancis.[1] Setelah itu di bawah protektorat Prancis, kota ini dikukuhkan sebagai pusat dari semua kantor politik, ekonomi, budaya administrasi kolonial di provinsi tersebut. Wilayah benteng Bắc Ninh , antara desa-desa Yên, Niem dan Do, diduduki oleh tentara Prancis.[2] Pada saat ini Bắc Ninh menjadi terkenal di Eropa karena pekerjaan pernisnya dan kasa, lemari, nampan, dan kotak kayu hitam bertatahkan mutiara.[3] Stasiun Bắc Ninh dibuka setelah 1904. Penyergapan pasukan Prancis oleh Việt Minh terjadi di Bắc Ninh saat konferensi Fontainebleau 1946 sedang berlangsung.[4][5]

Nama kota ini berarti "perdamaian utara".

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Kota ini adalah rumah bagi Akademi Perbankan Vietnam, kampus Bắc Ninh (Học viện Ngân hàng), Sekolah Internasional Kinh Bắc, dan kampus utama Akademi Militer Politik (Học viện Chính trị Quân sự), dan Stasiun Bắc Ninh. Terdapat sebuah kuil Bà Chúa Kho.[6]

Subdivisi administratif[sunting | sunting sumber]

Kota ini secara administratif dibagi menjadi 19 unit, termasuk 19 kelurahan (phường) - Đáp Cầu, Hạp Lĩnh, Khắc Niệm, Phong Khê, Khúc Xuyên, Thị Cầu, Vũ Ninh, Suối Hoa, Tiền An, Ninh Xá, Vân Dương, Vạn An, Vệ An, Kinh Bắc, Đại Phúc, Võ Cường, Hoà Long, Kim Chân dan Nam Sơn.

Galeria[sunting | sunting sumber]

    • Apakah penggambaran karya seni ini mencerminkan fakta sejarah perlu diverifikasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jack D. Ellis Kehidupan awal Georges Clemenceau, 1841-1893 1980 Hlm. 115 "Pada Maret kota Bắc Ninh jatuh ke tangan Prancis, tetapi bertentangan dengan prediksi Clemenceau, tidak ada perang besar dengan Tiongkok yang terjadi. Pada Juni, Ferry akhirnya menerima pengakuan Tiongkok atas hak Prancis di Tonkin, tapi kudeta istana di Peking membawa ..."
  2. ^ Ilmu Sosial Viet Nam Ủy ban khoa học xã hội Việt Nam No. 1-3 2006- Hlm. 29 "Dalam pendudukan Prancis, Kota Bắc Ninh masih merupakan kota provinsi Bắc Ninh dengan semua kantor politik, ekonomi, budaya, dll. dari administrasi kolonial. Wilayah benteng Bắc Ninh milik Desa Yen, Niem dan Do diduduki oleh... "
  3. ^ Alfred Cunningham Prancis di Tonkin dan Tiongkok Selatan 1902 - Hlm. 76 "Karya asli terbaik yang dihasilkan adalah mutiara yang bertatahkan kayu hitam asli, di mana spesimen yang sangat bagus dapat diperoleh dalam bentuk layar, lemari, nampan, kotak, dll. Rumah karya ini benar-benar kota Bắc Ninh."
  4. ^ Viet Nam; Asal mula revolusi, 1885-1946 - Hlm. 140 John T. McAlister, Woodrow Wilson School of Public and International Affairs. Center of International Studies, American University (Washington, D.C.). Center for Research in Social Systems - 1968 "Suasana tegang konferensi itu semakin meningkat setelah penyergapan pasukan Prancis oleh Viet Minh di kota Bắc Ninh di utara Vietnam pada 4 Agustus, di mana 12 tentara Prancis tewas dan 41 terluka."
  5. ^ China Monthly Review Bab 102-103 - Hlm. 258 1946 "Pasukan Prancis dan pasukan Annam, konon termasuk tentara dan laskar sipil, bertempur selama sembilan jam awal pekan ini di jalan 6f kota Bắc Ninh di Indo-Cina, 19 mil timur laut Hanoi."
  6. ^ Pattana Kitiarsa Komodifikasi agama di Asia: dewa pemasaran Hlm. 155 2008 "popularitas yang berkembang pesat dari Lumbung/Perbendaharaan Ratu' (Bà Chúa Kho) di dekat kota Bắc Ninh, Ngô Ðức Thịnh menghubungkan fenomena ini dengan transisi Vietnam ke ekonomi pasar."

Koordinat: 21°11′N 106°03′E / 21.183°N 106.050°E / 21.183; 106.050