DPTools

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


DPTools adalah tools yang dibuat pada tahun 2009 untuk membantu KPU dalam menganalisis dan memutakhirkan Daftar Pemilih sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu Presiden. Analisis yang dilakukan antara lain dengan melakukan pencarian dugaan Data Pemilih ganda, Data Pemilih dibawah umur yang belum menikah, Data Pemilih yang berumur lebih dari 90 tahun dan Data Pemilih yang tidak lengkap. Hasil analisis ini sangat diperlukan oleh petugas KPU untuk memutakhirkan data guna menciptakan Data Pemilih yang berkualitas sehingga kegiatan Pemilihan Umum atau Pemilukada bisa berlangsung dengan baik.

Pada tahun 2010, dikembangkan DPTools 2.0 agar dapat diinstall secara stand-alone di kabupaten-kabupaten yang menggunakannya untuk menyempurnakan Data Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah. DPTools 2.0 sukses membenahi Data Pemilih di berbagai Kota/Kabupaten.

Pada tahun 2012, DPTools 3.0 yang dilanjutkan menjadi DPTools 3.1, dikembangkan untuk menyempurnakan DPTools 2.0 yang masih memiliki banyak bug.

Referensi[sunting | sunting sumber]