Cymbarka dari Mazovia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cymbarka dari Masovia)
Jump to navigation Jump to search
Cymbarka dari Mazovia
Permaisuri Austria
Potret mendiang oleh Anton Boys, skt. 1580
Masa kekuasaan 1412–1424
Pasangan Ernst dari Austria
Anak
Friedrich III, Kaisar Romawi Suci
Margarete
Albrecht VI dari Austria
Alexander dari Austria
Rudolf dari Austria
Katharina dari Austria
Leopold dari Austria
Anna dari Austria
Ernst dari Austria
Keluarga bangsawan Wangsa Piast
Bapak Siemowit IV
Ibu Aleksandra dari Lituania
Lahir 1394 atau 1397
Warsawa, Mazovia
Meninggal 28 September 1429
Türnitz, Austria
Pemakaman Biara Lilienfeld

Cymbarka dari Mazovia (bahasa Jerman: Cimburgis von Masowien), juga Zimburgis atau Cimburga (bahasa Polandia: Cymbarka mazowiecka; 1394 atau 1397 – 28 September 1429), anggota Wangsa Piast Polandia, merupakan seorang Adipati Austria dari tahun 1412 hingga 1424, melalui pernikahannya dengan adipati Habsburg, Ernst der Eiserne. Sebagai ibunda dari kaisar kemudian Friedrich III, Cymbarka, setelah Gertrud dari Hohenberg, menjadi nenek moyang perempuan kedua dari seluruh Habsburg di kemudian hari.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Dia adalah putri kedua Adipati Siemowit IV, keturunan cabang Mazovia dari Piast, dan permaisurinya Aleksandra, putri Adipati Agung Algirdas dari Lituania dan saudari Raja Władysław II Jagiełło dari Polandia.

The Brave Saviour, lukisan bersejarah oleh Franz Geyling (1856)

Meskipun pertunangan kakandanya Wilhelm dengan putri Polandia Jadwiga telah gagal, Adipati Ernst der Eiserne, setelah kematian istri pertamanya Małgorzata dari Pommern, pergi ke Kraków dengan menyamar untuk memikat Cymbarka. Menurut legenda, dia berhasil memikat hatinya ketika dia berpartisipasi dalam perburuan kerajaan dan menyelamatkan sang putri dari seekor beruang yang menyerang. Sebenarnya, pamandanya Raja Władysław II, terjebak dalam Perang Polandia-Lithuania–Teuton dan berjuang dengan raja Luksemburg, Sigismund dari Hongaria mengambil kesempatan itu untuk memperkuat hubungan dengan wangsa Habsburg dan memberikan persetujuannya.

Pernikahan itu berlangsung pada tanggal 25 Januari 1412 di Buda (bahasa Jerman: Ofen), kediaman Raja Sigismund, di mana ia menengahi perundingan damai antara Polandia dan Ordo Teutonik.[1] Meskipun tidak disetujui oleh wangsa Habsburg, pernikahan itu ternyata bahagia. Setelah kematian saudara-saudaranya Wilhelm dan Leopold IV, Ernst menjadi penguasa tunggal wilayah Innerösterreich, sementara sepupunya Albrecht V memerintah atas Kadipaten Austria.

Meskipun kontroversial, telah dinyatakan (setidaknya oleh Robert Burton pada tahun 1621[2]) bahwa ia menonjolkan bibir bawah (prognatisme) ke dalam keluarga, karakteristik fisik tertentu dari sebagian besar anggota keluarga untuk banyak generasi sampai abad ke-18. Ia bahkan dapat diakui di beberapa keturunannya yang jauh (meskipun tidak begitu mencolok) seperti Raja Alfonso XIII dari Spanyol (1886–1941). Namun, setelah kakek buyut suaminya Raja Albrecht I atau pamandanya Adipati Rudolf IV ditampilkan dalam potret dengannya, sementara patung Cymbarka di gereja Innsbruck Hofkirche tidak menunjukkan fitur ini.

Patung Cymbarka di Hofkirche, Innsbruck

Tradisi mengatakan bahwa ia juga dikenal karena kekuatannya yang luar biasa, yang, misalnya, ia tunjukkan dengan menggerakkan paku ke dinding dengan tangan kosong dan mematahkan kacang di antara jari-jarinya.[3] Cymbarka hidup lebih lama dari suaminya dan meninggal dalam ziarah ke Mariazell ketika tinggal di Türnitz (yang sekarang Austria Hilir). Ia dimakamkan di Biara Lilienfeld.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Selama pernikahannya, Cymbarka melahirkan sembilan orang anak dari suaminya, di antaranya hanya empat bayi yang bertahan hidup:[4][5]

  • Friedrich III, Kaisar Romawi Suci (lahir Innsbruck, 21 September 1415 – † Linz, 19 Agustus 1493).
  • Margarete dari Austria (lahir Wiener Neustadt, 1416 – † Altenburg, 12 Februari 1486), menikah dengan Friedrich II dari Sachsen.
  • Albrecht VI dari Austria (lahir Wina, 18 Desember 1418 – † Wina, 2 Desember 1463).
  • Katharina dari Austria (lahir Wiener Neustadt, 1420 – Schloss Hohenbaden, 11 September 1493), menikah dengan Karl I dari Baden.
  • Ernst II dari Austria (lahir Wiener Neustadt, 1420 - † Wiener Neustadt, 10 Agustus 1432).
  • Alexandra dari Austria (lahir dan † Wiener Neustadt, 1421).
  • Anna dari Austria (lahir Wiener Neustadt, 1422 – † Wiener Neustadt, 11 November 1429).
  • Leopold dari Austria (lahir dan † Wiener Neustadt, 1424).
  • Rudolf dari Austria (lahir dan † Wiener Neustadt, 1424).

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Urban, William (2003). Tannenberg and After. Chicago: Lithuanian Research and Studies Center. hlm. 191. ISBN 0-929700-25-2. 
  2. ^ Manfred Draudt, Société Française Shakespeare
  3. ^ de.wikisource.org: Biographisches Lexikon des Kaiserthums Oesterreich(German)
  4. ^ Complete Genealogy of the House of Habsburg [retrieved 18 June 2014].
  5. ^ AUSTRIA in Charles Crawley: Medieval Lands [retrieved 18 June 2014].


Cymbarka dari Mazovia
Lahir: 1394/1397 Wafat: 28 September 1429
Didahului oleh:
Małgorzata dari Pommern
Permaisuri Austria
25 Januari 1412 – 10 Juni 1424
Diteruskan oleh:
Eleanor dari Portugal