Cyclopteridae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cyclopteridae
Eumicrotremus pacificus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Superfamili:
Famili:
Cyclopteridae

Bonaparte, 1831
Genera

Lihat teks

Cyclopteridae (Bahasa Inggris: lumpsucker atau lumpfish) adalah sebuah famili ikan bersirip kipas[1] dalam ordo Scorpaeniformes. Mereka ditemukan di perairan dingin Samudra Arktik, Atlantik Utara, dan Pasifik Utara, namun sebagian besarnya ditemukan di Samudra Pasifik Utara. Namanya berasal dari kata Yunani κύκλος (kyklos) yang berarti "lingkaran", dan πτέρυξ (pteryx) yang berarti "sayap" atau "sirip". Penamaan tersebut mengacu pada sirip dadanya yang berbentuk lingkaran dari sebagian besar spesies ikan dalam keluarga ini.

Ciri Fisik[sunting | sunting sumber]

Mereka memiliki tubuh yang gemuk dan hampir bulat, dengan warna yang biasanya kusam dengan pola litik. Bagian penghisap (sucker) mengacu pada sirip perutnya yang dimodifikasi, yang telah berevolusi menjadi cakram perekat. Sirip tersebut terletak di perut dan di belakang sirip dada. Penghisap tersebut biasa digunakan untuk menempel pada substrat. Banyak spesiesnya yang memiliki tuberkel seperti kutil bertulang yang menghiasi kepala dan tubuh, bagian tubuh ini merupakan bagian tubuh penting dalam famili ini.

Lumpfish spesies Eumicrotremus phrynoides dan Eumicrotremus orbis sedang menempel pada tangan seseorang menggunakan penghisap yang terletak di bagian perutnya

Daftar Genus[2][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parker, Sybil, P (1984). McGraw-Hill Dictionary of Biology. McGraw-Hill Company. 
  2. ^ Froese, Rainer, and Daniel Pauly, eds. (2023). "Cyclopteridae" in FishBase. Februarty 2023 version.