Cunobelinus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Koin Cunobelinus

Cunobelinus (bahasa Inggris: Cunobeline atau Cunobelin, bahasa Yunani: Kynobellinus, Κυνοβελλίνος) adalah seorang raja di Britania pada masa pra-Romawi yang berkuasa dari akhir abad pertama SM hingga tahun 40-an M. Namanya sempat disebutkan oleh sejarawan Suetonius dan Dio Cassius. Selain itu, telah ditemukan berbagai koin dengan nama Cunobelinus. Ia menguasai wilayah Britania tenggara dan diberi julukan "Raja Orang-Orang Briton" (Britannorum rex) oleh Suetonius.

Cunobelinus muncul dalam legenda Britania dengan nama Cynfelyn (Wales), Kymbelinus (Latin pertengahan) atau Cymbeline dalam drama karya William Shakespeare. Namanya adalah gabungan dari kata cuno- (anjing) dan Belenos (dewa Belenus).[1]

Cunobelinus telah membina hubungan yang baik dengan Kekaisaran Romawi. Hasil penggalian arkeologis menunjukkan bertambahnya jumlah barang mewah yang diimpor dari daratan Eropa, seperti wine dari Italia, tempat minum, minyak zaitun dan saus ikan dari Hispania, serta benda kaca, perhiasan dan peralatan makanan Galia-Belgia.[2] Strabo juga melaporkan bahwa pulau ini mengekspor gandum, emas, perak, besi, kulit binatang, budak dan anjing pemburu.[3] Selain itu, Strabo mencatat bahwa ia adalah salah satu raja di Britania yang mengirim utusan ke istana Kaisar Augustus.

Cunobelinus memiliki tiga anak laki-laki yang tercatat dalam sejarah, yaitu Adminius, Togodumnus dan Caratacus. Ia juga memiliki seorang saudara, yaitu Epaticcus.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anne Ross, Pagan Celtic Britain: Studies in Iconography and Tradition, Routledge, 1967, hlm. 340
  2. ^ Keith Branigan (1987), The Catuvellauni, Alan Sutton Publishing Ltd, hlm. 10–11
  3. ^ Strabo, Geography 4.5

Pranala luar[sunting | sunting sumber]