Crystal Widjaja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Crystal Widjaja (lahir di Texas, 21 Mei 1991; 31 tahun) adalah seorang penasihat startup. Ia sempat bekerja di Gojek, sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia, sebagai Senior Vice President Business Intelligence.[1] Sekarang, ia berperan sebagai investor malaikat di Sequoia Capital.Selain berperan sebagai investor malaikat, Crystal menjabat sebagai salah satu pendiri sekaligus penasihat Generation Girl, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk memberdayakan wanita-wanita muda untuk berperan lebih aktif dalam industri yang umumnya lebih didominasi laki-laki. Organisasi ini berspesialisasi dalam STEM.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Crystal lahir di Texas dan dibesarkan di California. Orang tuanya merupakan kelahiran Jakarta yang kemudian pindah ke Amerika Serikat. Crystal lulus dari Universitas California, Berkeley pada tahun 2012. Dengan studi metode empirisnya, Crystal memiliki minat dalam ilmu data dan inteligensi bisnis. Dari situ pula ia belajar ilmu pengkodean. Bulan Juli 2015 silam, Crystal pindah ke Indonesia untuk bergabung dengan Gojek di bagian inteligensi bisnis.[2] Perannya dalam Gojek adalah mengolah dan menganalisis data serta mengidentifikasi masalah dari data yang mereka terima.[3] Di samping itu, ia dan timnya juga bertanggung jawab untuk meningkatkan performa layanan Gojek.[4] Pada tahun 2018, Crystal mendirikan Generation Girl, organisasi nirlaba yang ditujukan bagi perempuan usia 12-16. Fokus dari organisasi ini adalah untuk meningkatkan minat wanita muda Indonesia dalam sains, teknologi, teknik dan matematika.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Crystal mengenyam pendidikan di Foothill College dan kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas California, Berkeley. Crystal menyelesaikan studinya dengan gelar Bachelor of Political Science and Government.

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Crystal memulai kariernya dalam bidang teknologi pada tahun 2013, ia bekerja sebagai asisten data online di Luvocracy kemudian ia bekerja di Ruthberg & Company sebagai peneliti. Pada tahun 2015, ia bergabung di Gojek sebagai Vice President sampai dengan 2020. Pada awal tahun 2020, ia menjadi investor malaikat Sequoia Scout

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

"Forbes Indonesia 30 Under 30" dalam kategori teknologi. [1]

"50 Women Leaders in Indonesia" pada tahun 2019.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kenalan dengan Crystal Widjaja, Si Pengolah Big Data Go-Jek". kumparan. Diakses tanggal 2020-08-24. 
  2. ^ "Crystal Widjaja: GO-JEK SVP Business Intelligence". Angin.ID (dalam bahasa Inggris). 2018-04-12. Diakses tanggal 2020-08-24. 
  3. ^ "A Passion for Big Data | GlobeAsia.com". Globe Asia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-08-24. [pranala nonaktif permanen]
  4. ^ Hutomo, Dimas Setiawan. "Kartini Moderen Ini Bernama Crystal Widjaja, Pulang Kampung dari Amerika Hingga Jadi Petinggi Go-Jek". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2020-08-24.