Coworking space

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
konsep coworking spaces
Konsep Coworking Space di Salah satu mall di Jakarta, By GoWork

Coworking Space (Terjemah: Ruang Kerja Bersama) adalah sebuah area yang dimanfaatkan oleh sejumlah orang/pihak pengembang, untuk menciptakan budaya bekerja secara dinamis. Tempat-tempat yang biasa dimanfaatkan sebagai Ruang Kerja Bersama antara lain: Kedai Kopi, Area Terbuka Publik, Didalam Gedung Mal,[1] Atau tempat-tempat yang secara khusus didedikasikan/dikelola secara khusus oleh peorangan, kelompok, atau sebuah badan usaha resmi.[2]

Pengguna coworking space biasanya adalah para digital nomad, atau istilah yagn sering digunakan adalah freelancer, orang yang tidak terikat dengan korporasi secara jam kerja. Sehingga mereka dengan bebas bisa melakukan pekerjaan di jam-jam tertentu atau hari-hari tertentu.

Selain itu, Coworking Space juga memberi platform dan layanan yang mampu membantu pertumbuhan bisnis maupun pengembangan diri untuk para pelaku bisnis itu sendiri.[3]

Namun saat ini coworking space mulai dilirik oleh perusahaan-perusahaan untuk menempatkan karyawannya di salah satu private office, yang merupakan bagian dari service yang ditawarkan, selain ruang kerja bersama.

Konsep Coworking Space[sunting | sunting sumber]

Untuk mengadaptasi budaya pekerja yang dinamis, sebuah coworking space biasanya dirancang untuk menciptakan semangat dalam bekerja, seperti:

  1. Area kerja dengan pencahayaan yang cukup
  2. Meja kerja yang bisa digunakan secara besamaan
  3. Lokasi yang strategis dan dapat dijangkau oleh keramaian (seperti dalam gedung mall)
  4. Akses internet yang stabil
  5. Design interior yang inspiratif

Di Indonesia sendiri, sudah mulai banyak berjamuran coworking space yang diprakarsai oleh kedai-kedai kopi kekinian, dengan target market yang berbeda-beda. Namun beberapa pengelola ini sudah menjadi pemain yang cukup dikenal di market Indonesia, seperti :

  • Wework
  • GoWork
  • CoHive
  • Kolega
  • Snapy Markaz & Coffee


  1. ^ Purnomo, Herdaru. "Startup Coworking Space Ini Eksis di Mal Elit Jakarta". tech. Diakses tanggal 2020-02-10. 
  2. ^ "18 Coworking Space di Jakarta yang Bisa Kamu Kunjungi". id.techinasia.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-10. 
  3. ^ "Coworking Space Jakarta". SNAPY (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-12.