Convair R3Y Tradewind

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Convair R3Y Tradewind adalah perahu terbang sayap tinggi (high wing) bertenaga turboprop Amerika tahun 1950-an yang dirancang dan dibangun oleh Convair.

Prototipe Convair XP5Y-1 pada tahun 1950. Pesawat bermesin turboprop ini pertama kali terbang pada 18 April 1950 di San Diego dan jatuh pada tahun 1953.

Convair menerima permintaan dari Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1945 untuk desain perahu terbang besar dengan menggunakan teknologi baru yang dikembangkan selama perang, terutama aliran laminar sayap dan teknologi turboprop yang masih berkembang. Tanggapan mereka adalah Model 117. Pesawat bermesin turboprop itu adalah perahu terbang sayap besar tinggi dengan mesin Allison T-40 baling-baling enam berbilah kontra-rotating. Ini memiliki tubuh ramping dengan single hull dan sayap angkat ramping tinggi dengan mengapung tetap. Angkatan Laut memerintahkan dua prototipe pada tanggal 27 Mei 1946. Ditunjuk XP5Y-1, pesawat pertama terbang pada 18 April 1950 di San Diego. Pada bulan Agustus pesawat melakukan rekor ketahanan turboprop dari 8 jam 6 menit. Angkatan Laut memutuskan untuk tidak melanjutkan dengan versi kapal patroli, bukan mengarahkan bahwa desain harus dikembangkan menjadi penumpang dan pesawat kargo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]