Columbus (modul ISS)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Columbus module - cropped.jpg

Columbus merupakan laboratorium science yang merupakan bagian dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan merupakan kontribusi terbesar bagi ISS yang dibuat oleh European Space Agency (ESA).

Seperti Harmony dan modul Tranquility, laboratorium Columbus dibangun di Turin, Italia dengan Alcatel Alenia Space berbasis Roma sehubungan dengan struktur dan kontrol termal. Arsitektur fungsional (termasuk perangkat lunak) dari laboratorium dirancang oleh EADS di Jerman di mana ia juga terintegrasi sebelum diterbangkan ke Kennedy Space Center (KSC) di Florida dalam sebuah Airbus Beluga. Ini diluncurkan pesawat Space Shuttle Atlantis pada tanggal 7 Februari 2008 penerbangan STS - 122. Hal ini dirancang untuk sepuluh tahun beroperasi. Modul ini dikendalikan oleh Pusat Pengendalian Columbus, terletak di Jerman Space Operations Centre, bagian dari German Aerospace Center di Oberpfaffenhofen dekat Munich, Jerman.

European Space Agency telah menghabiskan € 1400000000 (sekitar US $ 2 miliar) untuk membangun Columbus, termasuk percobaan yang akan terbang di dalamnya dan infrastruktur kontrol darat yang diperlukan untuk mengoperasikannya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Harwood, William (February 11, 2008). "Station arm pulls Columbus module from cargo bay". Spaceflightnow.com. Diakses 7 August 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]