Closers Online

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Closers Online adalah game online yang rilis pada tahun 2016. Game ini dapat dimainkan secara gratis dengan cara mengunduh di situs resmi game tersebut. Game ini bergenre MORPG (Massive Online Role Playing Game). Permainan ini dikembangkan oleh Naddic Games. Game ini sendiri diterbitkan pertama pada tahun 2014 oleh Nexon di Korea Selatan. Setelah itu, diterbitkan di Jepang pada tahun 2015 oleh Sega(Sekarang berganti server ke Happytuk), dan di Indonesia diterbitkan pada tahun 2016 oleh Megaxus.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2020, Seoul di serang oleh monster dari dimensi lain yang menyebabkan Seoul hancur akibat invasi monster tersebut. Monster tersebut dinamakan Dimensional Monsters. Akibat kerusakan tersebut akhirnya dibangun kembali Seoul menjadi New Seoul.

Para monster tersebut sebelumnya muncul dari Gerbang Dimensi atau juga disebut Dimensional Gate. Dengan perlahan menghancurkan seluruh kota yang ada di dunia. Tetapi tidak hanya membawa kehancuran bagi dunia, melainkan juga membawa keuntungan berupa kekuatan supranatural bagi sebagian orang yang dapat mampu menerima kekuatan tersebut.

Dengan kekuatan supranatural yang di dapat. Negara-negara di dunia mencoba untuk membalas serangan kepada Dimensional Monsters dan sekaligus berusaha untuk menutup Gerbang Dimensi. Banyak pengorbanan yang tidak terkira, dan akhirnya Dimensional Gate yang muncul berhasil ditutup. Karena keberhasilan ini membuat pasukan manusia yang mempunyai kekuatan supranatural tersebut mendapat julukan CLOSERS Diarsipkan 2016-10-16 di Wayback Machine..

Dengan berakhirnya perang Dimensional tersebut, dunia menemukan kedamaian dan kota-kota yang hancur dibangun kembali. Serta negara-negara juga telah memulai riset untuk mengatasi Dimensional Gates dan Dimensional Monsters, maka diciptakanlah UNION yang beranggotakan CLOSERS dan First Dimensional War.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Memainkan Game Closers dengan cara memakai skill yang ada dan berbeda pada masing-masing karakter game tersebut, serta di bantu dengan combo attack. Selain itu, masing-masing karakter dapat meregenerasi MP yang diperuntukkan untuk mengaktifkan skill yang tersedia.

Town or Map[sunting | sunting sumber]

Di saat setelah masuk dalam game ini, para penikmat game akan memasuki kota, yaitu New Seoul. New Seoul sendiri di bagi menjadi 8 yaitu, Gangnam GGV, Guro Station, Shin Gang High School, G-Tower Rooftop, Disaster Recovery Centre, International Airport, Plane Gates, Lambs Keeper Bridge. Awal mula, penikmat game akan memulai dari kota pertama yaitu Gangnam GGV, setelah mengikuti quest yang ada hingga akhir, maka akan lanjut ke kota berikut nya, yaitu Guro Station, dan setelah dari Guro Station, maka berikutnya pun turut seperti itu.

Dungeon or PVE[sunting | sunting sumber]

Fitur yang diberikan untuk para penikmat game ini untuk menjelajahi dan mengikuti alur cerita dari game Closers Diarsipkan 2016-10-16 di Wayback Machine. untuk melawan para monster-monster dan bos para monster dari Dimensional Gates, untuk mendapatkan equipment, material, item, menaikkan XP karakter agar karakter bertambah kuat, dan dari XP tersebut bisa menaikkan level karakter, serta akan mendapatkan skill point saat naik level dan skill point tersebut untuk menaikkan skill karakter pemain yang ada hingga maximum.

Dungeon juga mempunyai tipe, yaitu:

1. Normal Dungeon[sunting | sunting sumber]

Di dungeon ini memiliki 4 tingkat kesulitan, terdiri dari:

  • Easy
  • Normal
  • Hard
  • Very Hard

2. Training Program[sunting | sunting sumber]

Dungeon ini hampir ada di setiap kota, tetapi tidak ada di kota Gangnam GGV, Disaster Recovery Centre, dan Plane Gates. Dungeon ini memiliki batasan untuk masuk ke dalamnya, yaitu dinamakan Daily Dungeon. Dungeon ini juga memiliki kelebihan yaitu dapat menaikkan XP 2x lipat dari dungeon biasa. Serta bisa mendapatkan item ataupun equip yang langka.

3. Special Dungeon[sunting | sunting sumber]

Special Dungeon adalah dungeon terakhir dan dapat dibuka jika sudah menyelesaikan seluruh dungeon dan seluruh quest pada masing-masing map. Special Dungeon yang ada antara lain:

  • Emergency Defense Dungeon
  • Lure And Mop Dungeon
  • Skyscraper Dungeon
  • Labyrinth Dungeon
  • Turret Defense Dungeon
  • Inside Plane Gate Dungeon
  • Hall of Dragon
  • Infinite Elevator

Replica Dungeon[sunting | sunting sumber]

Replica Dungeon merupakan fitur terbaru pada game ini. Pada fitur ini, para pemain game ini dapat memainkan sebuah dungeon yang dibuka pada waktu tertentu saja. Pada Replica Dungeon bisa mendapatkan item-item yang bagus. Selain itu, Replica Dungeon dapat masuk sesuai dengan level pada masing-masing karakter. Setelah menyelesaikan Dungeon ini akan mendapatkan token dan dapat ditukarkan dengan item-item yang berharga.

PVP[sunting | sunting sumber]

Fitur ini diperuntukkan para penikmat game ini untuk mengasah skill bermain mereka dalam menghadapi orang lain yang turut menikmati game ini. Disini pula para pemain dapat menaikkan level PVP mereka sendiri, dan dapat membuat rekor mereka dan akan terdaftar di daftar PVP Arena dan mendapatkan reward setiap sabtu saat jadwal reset PVP Arena di setiap minggunya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Closers di bagi menjadi dua tim, yaitu: UNION Black Lambs, dan Vulture's Wolfdog.

Black Lambs[sunting | sunting sumber]

Black Lambs memiliki 5 anggota, diantaranya:

Lee Seha: Striker[sunting | sunting sumber]

Keahlian: Physical Attack

Anggota Closer yang menggunakan Gunblade untuk menyalurkan Phase Power-nya ke dalam ledakan terkonsentrasi. Ibunya terkenal sebagai Closer legendaris dan salah satu pahlawan terbesar Dimensional War. Meski memiliki potensi luar biasa, dia tidak memiliki motivasi untuk fokus menyelesaikan misinya sebaik mungkin.

Lee Seulbi: Caster[sunting | sunting sumber]

Keahlian: Magical Attack

Anggota Closers dengan serangan jarak jauh serta kemampuan supernatural yang menggunakan Phase Power untuk memanfaatkan kekuatan psikis dan gravitasi. Semasa kecil Seulbi tinggal di fasilitas pemerintah karena kehilangan orang tuanya akibat terbunuh oleh Dimensionals. Dia adalah pemimpin Black Lambs. Meskipun dia tidak memiliki Potensi Phase yang tinggi, dia lulus dari kelasnya berkat kerja keras dan usaha.

Seo Yuri: Ranger[sunting | sunting sumber]

Keahlian: Physical/Magical Attack

Anggota Closer dengan serangan jarak menengah yang menggunakan Repulser Blade dan Phase Gun dengan kemampuan fisiknya yang luar biasa untuk melakukan pertarungan cepat. Dia menggunakan peralatan tambahan dari UNION untuk mengkompensasi pengalamannya dengan Phase Power karena Phase Powernya baru muncul. Dia memiliki motivasi tertinggi dari semua orang untuk menjadi Official Agent.

J: Fighter[sunting | sunting sumber]

Keahlian: Physial Attack/Health Regeneration

Anggota Closers dengan serangan jarak dekat yang mengubah sementara kekuatannya untuk meningkatkan kemampuan bertarungnya. Meskipun ia pensiun setelah mengalami cedera serius dalam Dimensional War, ia bergabung dengan Black Lambs karena permintaan dari Pejabat UNION. Dia hampir tidak memiliki Kekuatan Phase yang tersisa dan juga menderita efek samping, namun dia mengkompensasi pengalamannya dengan teknik Phase Power Respiration yang unik dan beberapa obat-obatan.

Misteltein: Lancer[sunting | sunting sumber]

Keahlian: Magical Attack

Anggota Closer dengan serangan jarak menengah yang memanggil beberapa tombak di sekitar untuk mendukung timnya dan menghancurkan musuh-musuhnya. Dia menunjukkan kemampuannya dari usia muda dengan Phase Power yang luar biasa. Dia adalah anak misterius yang telah dikirim dari UNION Cabang Berlin ke New Seoul untuk bersama dengan Black Lambs.

Wolfdog[sunting | sunting sumber]

Saat ini, Wolfdog baru memilki 4 anggota, yaitu:

Levia: Witch[sunting | sunting sumber]

Keahlian: Magical Attack

Seorang Dimensional yang tidak suka bertarung dan entah bagaimana bisa menggunakan Phase Power yang mirip dengan manusia. Karena insiden tertentu, dia ditunjuk sebagai anggota baru tim Wolfdog, dan karenanya terpaksa bertarung. Meskipun dia tidak suka bertarung, dia berpikir bahwa masuk akal bagi dia untuk mengikuti perintah manusia, karena itu adalah tugas dalam misi pembersihan Wolfdog.

Nata: Hunter[sunting | sunting sumber]

Keahlian: Physical Attack

Seorang anggota Wolfdog yang senang bertengkar dengan lawan yang kuat. Begitu dia senang, dia menuduh musuh tak terkendali. Dia memiliki mulut yang buruk, dan terkadang dia tidak bisa mengendalikan emosinya sendiri dengan benar. Dia membenci Vultures karena mereka memiliki kendali atas dirinya; Suatu hari, dia berencana membunuh semua yang telah memenjarakan dan memanfaatkannya, dan berharap bisa mendapatkan kebebasan dan haremnya.

Harpy: Rogue[sunting | sunting sumber]

Keahlian: Physical Attack

Seorang spesialis serangan di udara, anggota Wolfdog yang ditambahkan Inspektur Hong untuk mengatasi kekurangan orang di Wolfdog karena insiden tertentu. Dia adalah ajudan Inspektur Hong. Sementara dia mengikuti perintah darinya dan mengambil bagian dalam misi pembersihan standar bersama Wolfdog, dia juga menjalankan misi rahasia untuk mengawasi Trainer dan anggota Wolfdog lainnya. Dia menggunakan gaya bertarung di mana dia menggunakan teknik tubuhnya yang anggun dan cepat untuk bermain-main dengan musuh.

Tina: Arms[sunting | sunting sumber]

Keahlian: Physical Attack

Sebuah Android yang bisa menghasilkan Phase Power. Dia telah bekerja sebagai pembantu Trainer untuk waktu yang lama. Dia adalah karakter dengan serangan jarak jauh yang dapat secara efektif menggunakan kemampuan Imaginary Space, dia mengkhususkan diri dalam pertarungan anti-udara, menangani lebih banyak kerusakan saat menggunakan serangan anti-udara. Dia juga bisa memanggil berbagai senjata api untuk menyesuaikan diri dengan situasi apapun.

Reference[sunting | sunting sumber]

  1. http://closers.nexon.com/
  2. https://cls.sega-online.jp/
  3. http://www.megaxus.com/games
  4. http://closers.megaxus.com/page/character-info/[pranala nonaktif permanen]
  5. https://en.wikipedia.org/wiki/Closers_(video_game)#Story
  6. http://wiki.closershq.com/ Diarsipkan 2016-10-09 di Wayback Machine.
  7. https://cls.happytuk.co.jp/cls/index