Clip art

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Clip art, dalam seni grafis, adalah gambar pra-dibuat digunakan untuk menggambarkan media apa pun. Saat ini, clip art digunakan secara luas. Clip art hadir dalam berbagai bentuk, baik elektronik maupun cetak. Namun, sebagian besar clip art saat ini dibuat, didistribusikan, dan digunakan dalam bentuk elektronik. Sejak awal, clip art telah berkembang untuk mencakup berbagai konten, format file, gaya ilustrasi, dan batasan lisensi. Clip art umumnya terdiri secara eksklusif dari ilustrasi (dibuat dengan tangan atau oleh perangkat lunak komputer), dan tidak termasuk fotografi stok.

Pada awal 2000-an, World Wide Web terus mendapatkan popularitas sebagai saluran distribusi perangkat lunak ritel, dan beberapa perusahaan lain mulai melisensikan clip art melalui perpustakaan online yang dapat dicari, termasuk iCLIPART.com (bagian dari Vital Imagery Ltd.), WeddingClipart. com (bagian dari Letters and Arts Incorporated), dan GraphicsFactory.com (bagian dari Clip Art Incorporated). Karena Web, clip art sekarang tidak hanya dijual melalui saluran ritel sebagai bundel gambar yang dikemas, tetapi juga sebagai gambar individual dan langganan ke seluruh perpustakaan (yang memungkinkan Anda untuk mengunduh gambar dalam jumlah tak terbatas selama langganan).

Pada pertengahan 2000-an, pasar clip art tersegmentasi dalam beberapa cara yang berbeda, termasuk tipe data, gaya seni, media pengiriman, dan metode pemasaran.

Pada 1 Desember 2014, Microsoft secara resmi mengakhiri dukungannya pada Clip Art dalam produk Microsoft Office. Program-program ini sekarang memandu pengguna ke pencarian gambar Bing.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Team, Office 365 (1 Desember 2014). "Clip Art now powered by Bing Images". blogs.office.com. 
  2. ^ Walter, Derek (December 14, 2014). "How to find images for Office documents now that Microsoft's killing Clip Art". PC World. Diakses tanggal 12 Agustus 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]