Clarence Gaskill

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Clarence Gaskill
Lahir(1892-02-02)2 Februari 1892
Philadelphia, Pennsylvania
Meninggal29 April 1948(1948-04-29) (umur 56)
New Brighton, New York
KebangsaanAmerika Serikat
PekerjaanPenulis lagu dan komposer
Tahun aktif1920-an hingga awal 1930-an
Dikenal atasI Can't Believe That You're in Love with Me, Prisoner of Love, dan That's a Mother's Liberty Loan

Clarence Gaskill (1892–1941) adalah seorang komponis, penulis lagu, dan produser musik Amerika yang populer pada awal abad ke-20.

Ia adalah penulis lagu yang produktif dalam tradisi Tin Pan Alley, yang terkenal atas kolaborasinya dengan penulis-penulis lagu penting pada zamannya, seperti Jimmy McHugh, Joseph Meyer, dan Benny Davis.

Gaskill lahir di Belleville, Illinois, dan memulai karirnya sebagai seorang pelawak vaudeville yang memainkan banjo dan menyanyi.

Ia pindah ke New York pada awal tahun 1910-an, dengan harapan sukses di industri musik. Tidak lama setelah itu, ia menarik perhatian penerbit musik, dan dengan cepat ia membangun reputasi sebagai penulis lagu sukses.

Beberapa lagu populer Gaskill antara lain "I Can't Give You Anything But Love", yang ia tulis bersama McHugh, dan "Lovesick Blues", yang ia tulis bersama Irving Mills.

Banyak dari komposisi-komposisinya juga ditampilkan dalam musikal Broadway dan film-film Hollywood pada zamannya.

Meskipun sukses, kehidupan Gaskill tidaklah mudah. Ia berjuang dengan kecanduan alkohol dan masalah keuangan sepanjang karirnya.

Kesehatannya menurun pada tahun 1930-an, dan ia meninggal karena serangan jantung pada tahun 1941 pada usia 49 tahun. Namun, musiknya terus dianggap sebagai salah satu karya terbaik dan paling abadi pada zamannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]