Citroën C5

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Citroën C5
Informasi
ProdusenCitroën
Masa produksi2000–2017
2000–2021 (Tiongkok)
Bodi & rangka
KelasMobil keluarga besar (D)
Tata letakFront-engine, front-wheel-drive
Kronologi
PendahuluCitroën XM
Citroën Xantia

Citroën C5 adalah mobil keluarga besar yang diproduksi oleh pabrikan Prancis, Citroën dari Maret 2001 hingga Februari 2017, dalam dua generasi. Itu menggantikan Citroën Xantia, di kelas mobil keluarga besar, dan merupakan Citroën modern pertama dengan nomenklatur penamaan "Cx", yang sebelumnya digunakan oleh leluhurnya, C4 dan C6 dari tahun 1930. Generasi ketiga diharapkan akan dirilis pada tahun 2020.[1]

Generasi pertama C5 hanya tersedia sebagai hatchback lima pintu atau lima gaya estate saja. Tidak seperti pendahulunya, C5 adalah hatchback dengan desain tiga kotak notchback dan hatch. Bentuk ini sebenarnya menyamarkan palka, sehingga Citroen telah sepenuhnya membalikkan filosofi desain dari era saloon fastback Robert Opron. Produksi dimulai pada akhir tahun 2000 hingga 2007.

Generasi kedua C5 secara resmi diluncurkan pada Oktober 2007, dan tidak mempertahankan gaya tubuh hatchback, melainkan menjadi sedan tiga kotak biasa dengan bentuk aerodinamis. Namun, generasi kedua ini sering dikritik, terutama oleh penggemar inti Citroën, karena desain eksteriornya yang seperti Jerman, yang membuatnya lebih mirip sedan Jerman, daripada yang Prancis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]