CinemaScope

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

CinemaScope adalah serangkaian lensa anamorfik yang digunakan, dari 1953 sampai 1967, untuk pengambilan gambar film-film layar lebar. Pembuatannya pada 1953 oleh Spyros P. Skouras,[1] presiden 20th Century Fox, menandai permulaan format anamorfik modern dalam fotografi prinsipal maupun proyeksi film.

Awal muasal[sunting | sunting sumber]

Penemu Perancis Henri Chrétien mengembangkan dan mempatenkan pemprosesan film baru yang ia sebutan Anamorphoscope pada 1926. Ini adalah proses yang kemudian membentuk dasar bagi CinemaScope. Pemprosesan Chrétien berbasis pada lensa-lensa yang membuat sebuah trik optik yang memproduksi sebuah citra dua kali lebih besar dari yang diproduksi dengan lensa konvensional; ini dilakukan menggunakan sebuah sistem optik yang disebut Hypergonar, yang merupakan proses pengkompresan (selama waktu pengambilan gambar) dan dilating (pada waktu proyeksi) citra tersebut secara lateral.[2] Ia berupaya untuk meminatkan industri perfilman terhadap penemuannya, namun pada masa itu, industri tersebut belum terlalu menyorotinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CinemaScope: Selected Documents from the Spyros P. Skouras Archive | ILIAS CHRISSOCHOIDIS". Academia.edu. 1970-01-01. Diakses tanggal 2016-09-01. 
  2. ^ Peter Gray - Director of Photography. "History of CinemaScope". Web.archive.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-04-10. Diakses tanggal 2016-09-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]