Cijuela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lokasi kota

Cijuela adalah sebuah kotamadya yang terletak di bagian barat comarca Vega de Granada, Provinsi Granada, Spanyol bagian tenggara. Cijuela berbatasan dengan sejumlah kotamadya: Láchar, Fuente Vaqueros, Chauchina, Chimeneas dan Pinos Puente. Cijuela dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dari ibu kota Granada, serta Autovía A-92 melintas kota ini. Cijuela dilintasi oleh Sungai Genil dan Noniles.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cijuela disebutkan mulai mendapatkan kepentingan pada tahun 1872. Nama Cijuela disebutkan dalam dokumen dari tahun 1492. Di sini dibangun jalanan hutan, disewa oleh bangsawan Banu Nashri.

Nama aslinya As-Siyulah berarti "dataran kecil" dalam bahasa Arab, yang mewujudkan dengan pasti rendahnya permukaan kota Cijuela. Pada saat itu terdapat 2 buah menara di kota ini, yang salah satunya, yakni yang paling jelek dan terletak di pusat kota, menjadi menara arungan. Menara satunya lagi lebih baik keadaannya disebut sebagai Torre del Boldonar dan terletak di tempat yang tak teririgasi. Menara Cijuela dimiliki oleh Ceti Haxa, saudari Raja Boabdil, dan setelah reconquista Andalusia, diserahkan kepada Wali kota Santa Fe, kemudian dijual kepada adipati Abrantes, keturunan Marqués Portago, kemudian pada José Vilchez Gómez, yang kemudian menempati kota itu.

Situs resmi[sunting | sunting sumber]