Pusat Pengendali Misi Christopher C. Kraft Jr.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pusat Pengendali Misi Christopher C. Kraft Jr. atau NASA's Christopher C. Kraft, Jr. Mission Control Center (MCC-H), juga dikenal dengan callsign radio, Houston, adalah sebuah fasilitas di Lyndon B. Johnson Space Center di Houston, Texas yang mengelola kontrol penerbangan untuk program luar angkasa manusia Amerika, saat ini melibatkan kapal astronaut Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Pusat ini dinamai Christopher C. Kraft, Jr, seorang pensiunan insinyur NASA dan manajer yang berperan penting dalam membangun operasi badan Mission Control.[1]

MCC saat ini rumah salah satu ruang kontrol operasional, dari mana pengendali penerbangan mengkoordinasikan dan memonitor ISS. Kamar ini memiliki banyak sumber daya komputer dan pengolahan data untuk memonitor, perintah dan berkomunikasi dengan stasiun.ruang kontrol ISS beroperasi terus menerus.

Karena Houston adalah daerah sensitif badai, NASA memiliki dasar fasilitas back-up di Kennedy Space Center serta lokasi di Backup Control Center Huntsville Operations Support Center ( BCC - HOSC )[1] di Marshall Space Flight Center untuk operasi ISS. (Satelit sipil Unmanned AS dikendalikan dari Goddard Space Flight Center di Maryland, sementara California Jet Propulsion Laboratory mengelola probe ruang angkasa berawak AS).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]