Chowanoke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chowanoke
Daerah dengan populasi signifikan
Carolina Utara
Bahasa
Rumpun bahasa Algonquia
Agama
Kepercayaan penduduk asli
Kelompok etnik terkait
Coree, Machapunga

Chowanoke, juga dieja Chowanoc, adalah salah satu suku asli Amerika yang menuturkan bahasa yang merupakan bagian dari rumpun bahasa Algonquia.[1] Pada saat pertama kali berhubungan dengan bangsa Inggris pada tahun 1585/6, mereka merupakan suku Algonquia terbesar dan terkuat di Carolina Utara dan menduduki hampir seluruh wilayah pesisir Sungai Chowan. Suku ini telah tinggal di tanah mereka paling tidak selama 800 tahun, dan telah ditemukan pula sisa-sisa kebudayaan sebelumnya yang berasal dari tahun 4500 SM.

Suku ini punah pada akhir abad ke-17 karena banyak anggota suku yang tewas akibat penyakit menular seperti variola pada tahun 1696. Namun, saat ini masih ada orang-orang yang merupakan keturunan Chowanoke, terutama di County Gates dan County Chowan. Keturunan Chowanoke baru-baru ini berkumpul kembali sebagai Bangsa Indian Chowanoke, dan pada tahun 2014 memperoleh wilayah seluas 146 are untuk dijadikan reservasi yang dapat dipakai untuk aktivitas budaya dan kesukuan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chowanoac Indians | NCpedia". www.ncpedia.org. Diakses tanggal 2020-09-30. 
  2. ^ "Chowanoke Descendants Reclaim Ancestral Land, Envision Cultural Center". IndianCountryToday.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]