Chinon Industries

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chinon Industries Inc.
チノン株式会社
Kabushiki gaisha
IndustriElektronik
Didirikan1948
Ditutup2004
Kantor
pusat
Nagano, Jepang
Tokoh
kunci
Joel Proegler, presiden terakhir Chinon
ProdukKamera, periferal komputer
Situs webwww.chinon.co.jp

Chinon Industries Inc. (チノン株式会社, Chinon Kabushiki-gaisha) adalah perusahaan pembuat kamera di Jepang. Kodak memiliki saham mayoritas di perusahaan ini pada tahun 1997, dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Kodak Jepang, Kodak Digital Product Center, Japan Ltd. (株式会社コダック デジタル プロダクト センター, Kabushiki-gaisha Kodakku Dejitaru Purodakuto Sentā) pada tahun 2004.[1] Sebagai anak perusahaan Kodak, perusahaan ini terus mengembangkan berbagai model kamera digital.

AUTO CHINON 28MM
Chinon CE-3 memotron dengan label Revueflex AC 1
Chinon CP-9 AF dengan Autofocus, lensa 35-135mm

Chinon membuat banyak model kamera, seperti CG-5, yang merupakan salah satu kamera pertama yang menggunakan lensa Fokus Otomatis, yang harus dibeli secara terpisah. Lensanya sudah jarang ada sekarang. Kamera ini termasuk rumit untuk digunakan dan memiliki dua "mata" infra-merah di atasnya. Kamera CG-5 terhubung dengan fitting bayonet yang mirip dengan fitting Pentax K, kecuali yang dilengkapi dengan kontak listrik yang akan memberi daya motor dengan menekan tombol pelepas rana.

Kamera populer lainnya adalah CM-1, kamera manual 35 mm SLR yang disukai oleh para siswa fotografer amatir karena lebih murah daripada saingannya Pentax K-1000, tetapi dapat menggunakan lensa dan aksesori yang sama. CM-1 menampilkan sistem pengukuran cahaya bertenaga baterai melalui lensa yang menggunakan warna merah di atasnya, hijau-tengah, dan merah di bawah untuk menunjukkan apakah pengaturan kecepatan rana / apertur di atas / ok / di bawah mengekspos gambar. Selain itu kamera ini juga menggunakan prisma gambar-terpisah untuk menentukan kapan gambar dalam posisi fokus. CM-1 dijual melalui pengecer diskon seperti K-Mart selama tahun 1980-an dan terbukti awet serta dapat diandalkan. Produk bermerek Chinon dijual di Inggris pada periode yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "January 2004 News Archive: Digital Photography Review". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-08-24. Diakses tanggal 2006-08-31.