Child's Play (film 1988)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Child's Play 1)
Child's Play
Childs Play.jpg
Theatrical Release Poster
SutradaraTom Holland
Produser
PenulisDon Mancini (story)
Don Mancini and
John Lafia and
Tom Holland (screenplay)
PemeranCatherine Hicks
Chris Sarandon
Brad Dourif
Alex Vincent
Dinah Manoff
Tommy Swerdlow
Jack Colvin
Neil Giuntoli
Penata musikJoe Renzetti
SinematograferBill Butler
PenyuntingRoy E. Peterson
DistributorUnited Artists
Tanggal rilis
9 November 1988 (USA)
Durasi87 min.
Negara
Bahasa
Anggaran$9,000,000 (prakiraan)
Pendapatan
kotor
$33,244,684 (USA)
SekuelChild's Play 2 (1990)
IMDbInformasi di IMDb
AMGProfil All Movie Guide

Child’s Play adalah sebuah film tahun 1988 yang dibuat oleh Don Mancini dan disutradarai oleh Tom Holland. Film ini sangat sukses dipasaran AS dan dunia. Film ini juga mempunyai empat sekuel, yaitu Child’s Play 2, Child’s Play 3, Bride of Chucky dan Seed of Chucky.

Child's Play adalah sebuah film jagal Amerika Serikat tahun 1988[1][2][3] yang disutradarai oleh Tom Holland, dari sebuah skenario oleh Holland, Don Mancini dan John Lafia, dan berdasarkan sebuah cerita oleh Mancini.[4] Ini adalah film pertama dalam seri Child's Play dan film pertama yang menampilkan karakter Chucky. Dibintangi oleh Catherine Hicks dan Chris Sarandon dengan Brad Dourif sebagai Chucky. Plotnya mengikuti seorang ibu janda yang memberikan boneka kepada putranya, tidak menyadari bahwa boneka itu dirasuki oleh jiwa seorang pembunuh berantai.

Child's Play dirilis di Amerika Serikat pada 9 November 1988, oleh MGM/UA Communications Co. Film ini meraup lebih dari $44 juta dengan anggaran produksi sebesar $9 juta.[5][6][7]

Seiring dengan film yang mendapatkan pengikut, [8] kesuksesan box office menelurkan waralaba media yang mencakup serangkaian enam sekuel, merchandise, buku komik, film reboot dengan nama yang sama dirilis pada Juni 2019, dan serial TV yang mulai ditayangkan pada Oktober 2021. Child's Play didistribusikan oleh Metro-Goldwyn-Mayer,[9] meskipun hak atas serial tersebut dijual ke Universal Pictures pada tahun 1990,[10] dimulai dengan sekuelnya Child's Play 2. MGM mempertahankan hak atas film pertama dan, dengan demikian, mendistribusikan reboot 2019.

Pemain Film[sunting | sunting sumber]

  • Catherine Hicks sebagai Karen Barclay
  • Chris Sarandon sebagai Detective Mike Norris
  • Alex Vincent sebagai Andy Barclay
  • Brad Dourif sebagai Charles Lee Ray/voice of Chucky
  • Dinah Manoff sebagai Maggie Peterson
  • Tommy Swerdlow sebagai Jack Santos
  • Jack Colvin sebagai Dr. Ardmore
  • Raymond Oliver sebagai John "Dr. Death" Uskup
  • Neil Giuntoli sebagai Eddie Caputo
  • Brad Dourif sebagai Charles Lee Ray/Chucky
    • Edan Gross sebagai Friendly Chucky (suara)
    • John Franklin sebagai Walkabout Chucky
    • Ed Gale sebagai Chucky (pemain jas)[11][12]

Selain itu, Alan Wilder muncul sebagai Walter Criswell, Edan Gross sebagai anak laki-laki dalam iklan yang mempromosikan boneka Orang Baik / Boneka Oscar, Aaron Osborne sebagai seorang tertib, Juan Ramirez sebagai tunawisma yang menerima Chucky dari Karen, Tyler Hard sebagai Mona, Ted Liss sebagai George, Roslyn Alexander sebagai Lucy

Dalang chucky[sunting | sunting sumber]

Alur[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai saat detektif Mike Norris menembak Charles Lee Ray (alias Chucky) pada 9 November 1988. Namun sebelum tewas, Charles masuk kedalam sebuah toko mainan dan menemukan sebuah dus berisi boneka Good Guy dan menggunakan ritual voodoo untuk memindahkan jiwanya kedalam boneka tersebut.

Keesokan harinya, Andy Barclay dan ibunya Karen mulai muncul dalam cerita film ini. Andy (usianya saat itu enam tahun) menginginkan boneka Good Guy setelah ia melihat iklan TV-nya. Namun sang ibu tidak mengizinkan Andy membeli boneka tersebut, dan memutuskan untuk membeli mainan lain. Setelah melihat anaknya yang terus-terusan sedih, Karen akhirnya membeli boneka Good Guy dari pedagang loak, dimana boneka yang ia beli adalah boneka yang berisi roh Charles Lee Ray.

Malam harinya, Andy bermain dengan bonekanya itu, dan si boneka mengatakan pada Andy bahwa ia bernama Chucky. Teman Karen yang bernama Maggie merebut boneka tersebut saat akan dibawa oleh Andy tidur. Namun secara tiba-tiba boneka itu mengambil palu dan memukul Maggie. Maggie kemudian jatuh dari jendela kamar dan meninggal dunia. Pembunuhnya dikatakan anonym (karena Andy dan Chucky dirasa tidak masuk akal membunuh).

Hari berikutnya, Andy pergi bersama Chucky ke rumah Eddie. Ketika Andy berada di luar rumah, Chucky mengetahui bahwa Eddie masih hidup. Ia lantas menakuti Eddie dengan menjatuhkan lampu ke atas oven. Eddie yang sedang panik malah menembak rumah dan akhirnya rumah itu meledak, Eddie sendiri tewas terpanggang dalam rumah tersebut.

Kemudian Andy diperiksa oleh seorang psikater dan mengatakan bahwa anak ini malah mendekati TKP dengan sengaja, apakah ini masuk akal atau bukan, kata sang psikater tersebut. Karen percaya bahwa boneka Good Guy-lah yang memengaruhi Andy. Ia kaget saat menemukan boneka Chucky tidak terpasang batere. Dan ia semakin kaget saat mengetahui bahwa batere untuk Chucky masih utuh bersegel did us boneka tersebut. Langsung, Karen melempar boneka tersebut kedalah tungku perapian, tetapi tiba-tiba Chucky hidup dan mengigit tangan Karen. Karen kemudian lari dari apartemennya. Ia lantas menghubungi Mike Norris, yang sedang menginvestigasi kematian Maggie.

Norris yang sebelumnya tidak percaya cerita Karen akhirnya juga diteror oleh Chucky. Ia berhasil kabur setelah menembak boneka tersebut

Chucky kemudian menemui John, yaitu guru voodoo-nya, dan bertanya kenapa ia berdarah saat ditembak. John kemudian berkata bahwa semakin lama Charles terjebak dalam boneka maka ia akan sedikit demi sedikit berubah menjadi jiwa manusia seutuhnya. Satu-satunya cara adalah dengan mengembalikan jiwa Charles kepada orang yang pertama ia temui (yaitu Andy). John kemudian mencoba untuk mencegah Chucky pergi kembali ke Andy, tetapi gagal, dan ia malah dibunuh oleh Charles.

Tak lama berselang, Karen dan detektif Norris pergi ke rumah John dan menemukan John dalam keadaan sekarat. Sebelum meninggal, John mengatakan bahwa boneka Chucky tersebut hidup. Ia mempunyai hati manusia seutuhnya dan berbahaya jika ia dibiarkan hidup.

Andy kemudian kabur dari klinik psikater. Chucky membunuh dokter. Sementara Mike dan Karen segera bergegas ke apartemen untuk menemui Andy. Mereka berdua menemukan Chucky sedang bersiap memindahkan jiwanya kedalam tubuh Andy. Namun akhirnya gagal setelah berhasil dicegah oleh Mike dan Karen. Selanjutnya Chucky memadamkan listrik dan sambil membawa pisau ia berkata “Andy, kita adalah teman sampai mati, ingatkah kau akan hal itu?”. Andy membalas: “Ini sudah berakhir teman!” dan lansgung melemparkan kayu api ke tungku perapian. Andy dan Karen yang menyangka Chucky telah mati kemudian menolong Mike Norris. Namun ketika Andy menyiapkan kotak P3K ia menemukan Chucky masih hidup. Karen kemudian menembak Chucky dan kena dibagian kepala, kaki, dan lengan, namun gagal untuk menembak hatinya

Setelah beberapa polisi lain datang, beberapa boneka lain dibangkitkan oleh Chucky supaya menyerang polisi. Namun ia lupa pada Mike Norris yang akhirnya berhasil menembak Chucky di hatinya. Dan Chucky alias Charles Lee Ray untuk sementara tewas.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Menurut sebuah wawancara dengan Mental Floss, penulis skenario Don Mancini pertama kali menyusun konsep tersebut saat belajar sebagai jurusan film di University of California, Los Angeles. Mancini terinspirasi oleh konsumerisme tahun 1980-an dan pengaruh pemasaran pada anak-anak berdasarkan pengalamannya dengan ayahnya, seorang eksekutif periklanan.[15] Hubungan bermasalah Mancini dengan ayahnya sendiri dan pengalaman keterasingannya sebagai pria gay menyebabkan dia memusatkan naskah di sekitar seorang anak dengan ibu tunggal dan tanpa figur ayah.[16] Dia juga terpengaruh oleh Cabbage Patch Kids, Trilogy of Terror, Magic, Poltergeist, karakter Freddy Krueger dari A Nightmare on Elm Street, dan The Twilight Zone episode "Living Doll". Produser eksekutif film David Kirschner, yang akan memproduksi ketujuh film dalam seri Chucky, mengklaim dalam wawancara yang sama bahwa dia ingin membuat film tentang boneka pembunuh setelah membaca The Dollhouse Murders.[15] Sutradara Tom Holland juga menegaskan bahwa boneka My Buddy berperan dalam desain Chucky.[17]

Naskah asli Mancini berjudul Batteries Not Included, dengan judul tersebut kemudian diubah menjadi Blood Buddy setelah diketahui bahwa film yang berbeda dengan nama yang sama sedang dibuat.[18] Selama produksi film ini hampir diberi judul ulang untuk menghindari kebingungan dengan film horor tahun 1972 karya Sidney Lumet dengan nama yang sama.[19] Itu akan menampilkan boneka berisi darah palsu yang membuatnya berdarah jika dimainkan dengan kasar, dan itu akan menjadi hidup setelah Andy mencampurkan darahnya sendiri dengan darah boneka itu. Boneka itu akan mewakili kemarahan Andy yang ditekan, dan akan menargetkan musuh-musuhnya. [20] Naskah asli Mancini akan menjadi cerita detektif yang berurusan dengan pengaruh iklan dan televisi pada anak-anak. Naskah asli Mancini juga ditulis untuk mempermainkan penonton sedikit lebih lama, membuat ambigu apakah Andy atau Chucky adalah pembunuhnya.[21]

Charles Band menyatakan minatnya untuk memfilmkan naskahnya, dan kemudian memproduseri franchise Puppet Master. Naskah tersebut diterima oleh United Artists setelah presiden studio Tony Thomopoulous dan MGM/UA Communications Chairman Lee Rich menyadari bahwa naskah tersebut dapat memulai serial yang berjalan lama.[22] Setelah UA membeli naskahnya ditulis ulang oleh John Lafia untuk membuat karakter Andy lebih simpatik dan setelah Kirschner menyatakan keraguan bahwa orang tua akan membelikan anak mereka boneka dengan darah palsu. Dalam skrip Lafia yang ditulis ulang, jiwa Charles Lee Ray akan dipindahkan ke boneka tersebut setelah dieksekusi dengan kursi listrik saat sedang diproduksi di jalur perakitan.[23] Naskah menampilkan pabrik boneka tempat Chucky diproduksi sebagai lokasi, yang akan didaur ulang untuk film kedua.[24]

Lafia ingin menyutradarai film tersebut setelah disewa untuk penulisan ulang tetapi ditolak karena dia tidak pernah menyutradarai film berdurasi panjang pada saat itu, dan studio mencari sutradara berpengalaman untuk produksi tersebut.[25] William Friedkin, Irvin Kershner, Robert Wise, Joseph Ruben, Howard Franklin, dan Rocky Morton dan Annabel Jankel didekati untuk menyutradarai sebelum Holland dipekerjakan atas rekomendasi Steven Spielberg dari karyanya di Amazing Stories.[26][27] John Lithgow dianggap memerankan Charles Lee Ray sebelum Brad Dourif dipekerjakan untuk peran tersebut setelah Holland bekerja dengannya di Fatal Beauty.[28][27] Awalnya suara bentuk boneka Chucky dimaksudkan sebagai overlay elektronik sederhana yang mirip dengan mainan biasa dengan chip suara. Ketika ini dianggap tidak mungkin dan ketika Dourif awalnya tidak tersedia untuk merekam suara Chucky karena keterlibatannya dalam Pembakaran Spontan, Holland memilih Jessica Walter untuk mengisi suara Chucky atas dasar bahwa Mercedes McCambridge telah mengisi suara Pazuzu di The Exorcist.[29][30][31] Belakangan, rekaman Walter dibuang dan dia diganti dengan John Franklin, yang menyelesaikan dialognya juga diganti saat Dourif kembali ke film. Tidak seperti Walter, bagian dari penampilan Franklin tetap ada di film melalui sebuah adegan di mana dia tampil sebagai presenter televisi manusia yang berpakaian seperti Orang Baik, sebuah adegan yang diambil setelah penggantinya.[32][33]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Child’s Play menganggarkan uang sekitar 9 juta dolar untuk biaya produksi. Ketika pertama diputar di bioskop (kurang lebih 1.377 bioskop), film ini mendapat keuntungan hampir 6,5 juta dollar. Selama pemutarannya di AS, film ini mendapat untung sebanyak 33,2 juta dollar. Sementara didunia, film ini mendapat untung sekitar 44 juta dollar.

Tempat Shotting[sunting | sunting sumber]

Child’s Play 1 mengambil tempat syuting di lokasi dibawah ini:

  • Chicago, Illinois (on location): Disini adalah tempat syuting yang dipakai oleh Andy dan Karen serta detektif Mike Norris dalam menghadapi terror Chucky
  • Culver City, California (in studio)

Remake[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Oktober 2007, David Kirchner, sang produser film Child’s Play 1 berencana untuk membuat film Chucky yang baru, yang sebenarnya merupakan remake dari film orsinil seri pertama ini. Don Mancini sang penulis cerita Child’s Play juga setuju dengan ide tersebut. Bahkan Brad Dourif akan dipakai lagi sebagai pengisi suara Chucky.

Yang berbeda dengan Chucky versi orisinil adalah di film Chucky versi baru ini, sang boneka akan digerakkan secara animatronic (mirip seperti dalam film Transformers). Sementara di versi asli, boneka Chucky digerakkan dengan CGI.

Belum jelas kapan film ini akan dirilis. Beberapa rumor mengatakan bahwa tahun 2008 ini film Chukcy tersebut akan dilempar ke bioskop. Tapi menurut beberapa sumber yang lain, film Chucky tersebut akan dirilis pada 2009 nanti.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Moshenska, Joe (2019-04-16). Play. Stanford University Press. hlm. 125–148. 
  2. ^ Begley, Sharon (2011-09-20). "More Than Child's Play". Scientific American. 305 (4): 16–16. doi:10.1038/scientificamerican1011-16. ISSN 0036-8733. 
  3. ^ "Washington Post Washington, DC, Poll, May 2002". ICPSR Data Holdings. 2003-05-23. Diakses tanggal 2022-12-30. 
  4. ^ "New York Times obituary index, 1988". Choice Reviews Online. 27 (09): 27–4911–27–4911. 1990-05-01. doi:10.5860/choice.27-4911. ISSN 0009-4978. 
  5. ^ Moshenska, Joe (2019-04-16). Play. Stanford University Press. hlm. 125–148. 
  6. ^ Vinyard, Marc. "Box Office Mojo". CC Advisor. Diakses tanggal 2022-12-30. 
  7. ^ Turnock, Bryan (2019-06-11). New Hollywood Horror. Liverpool University Press. hlm. 159–180. 
  8. ^ "Building quantum circuits is child's play". New Scientist. 229 (3065): 17. 2016-03. doi:10.1016/s0262-4079(16)30450-x. ISSN 0262-4079. 
  9. ^ Moshenska, Joe (2019-04-16). Play. Stanford University Press. hlm. 125–148. 
  10. ^ Felgueiras, João; von Doellinger, Orlando (2019-08-06). "06 - Psychiatric emergencies in two different emergency department models - a comparative analysis". dx.doi.org. Diakses tanggal 2022-12-30. 
  11. ^ dx.doi.org http://dx.doi.org/10.1523/jneurosci.0350-18.2018.video.2. Diakses tanggal 2022-12-30.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  12. ^ Moshenska, Joe (2019-04-16). Doll. Stanford University Press. hlm. 41–68. 
  13. ^ a b c d e f g h Tom Holland (Director) (1988). Child's Play (DVD). United States: United Artists. 
  14. ^ Cheng, Cheryl (2015-07-30). "N. Brock Winkless IV, the Puppeteer of Chucky in 'Child's Play,' Dies at 56". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 2015-08-23. 
  15. ^ a b Moshenska, Joe (2019-04-16). Play. Stanford University Press. hlm. 125–148. 
  16. ^ Olsen, Trenton B. (2021-04-27). Child's Play. Routledge. hlm. 99–106. ISBN 978-0-429-05930-8. 
  17. ^ "Butler, Cortina Maxine Ann Cotterell, (born 21 April 1958), Director, Literature, British Council, since 2013". Who's Who. Oxford University Press. 2015-12-01. 
  18. ^ Hopkins, A. A. (1932-11). "Why a Watch Keeps Time". Scientific American. 147 (05): 286–288. doi:10.1038/scientificamerican1132-286. ISSN 0036-8733. 
  19. ^ Brunning, Dennis. "AFI Catalog of Feature Films". CC Advisor. Diakses tanggal 2022-12-30. 
  20. ^ Moshenska, Joe (2019-04-16). Play. Stanford University Press. hlm. 125–148. 
  21. ^ Turnock, Bryan (2019-06-11). New Hollywood Horror. Liverpool University Press. hlm. 159–180. 
  22. ^ Brunning, Dennis. "AFI Catalog of Feature Films". CC Advisor. Diakses tanggal 2022-12-30. 
  23. ^ Moshenska, Joe (2019-04-16). Play. Stanford University Press. hlm. 125–148. 
  24. ^ Hopkins, A. A. (1932-11). "Why a Watch Keeps Time". Scientific American. 147 (05): 286–288. doi:10.1038/scientificamerican1132-286. ISSN 0036-8733. 
  25. ^ Talan, Jamie (2012-05-17). "Can Memory Be Created — and Then Retrieved? Yes, According to New Experiment". Neurology Today. 12 (10): 10–12. doi:10.1097/01.nt.0000415042.29869.63. ISSN 1533-7006. 
  26. ^ Moshenska, Joe (2019-04-16). Play. Stanford University Press. hlm. 125–148. 
  27. ^ a b Turnock, Bryan (2019-06-11). New Hollywood Horror. Liverpool University Press. hlm. 159–180. 
  28. ^ "Volume 1905 - Issue 1974 (1905-06-09)". The North China Herald Online. Diakses tanggal 2022-12-30. 
  29. ^ Moshenska, Joe (2019-04-16). Play. Stanford University Press. hlm. 125–148. 
  30. ^ Moshenska, Joe (2019-04-16). Play. Stanford University Press. hlm. 125–148. 
  31. ^ Griggs, Jessica (2010-06). "My computer says nos". New Scientist. 206 (2763): 26–27. doi:10.1016/s0262-4079(10)61382-6. ISSN 0262-4079. 
  32. ^ Patton, John; Addams, Jane; Franklin, Benjamin (1961-12). "Twenty Years at Hull-House". College Composition and Communication. 12 (4): 262. doi:10.2307/354240. ISSN 0010-096X. 
  33. ^ Talan, Jamie (2012-05-17). "Can Memory Be Created — and Then Retrieved? Yes, According to New Experiment". Neurology Today. 12 (10): 10–12. doi:10.1097/01.nt.0000415042.29869.63. ISSN 1533-7006. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]