Chiari Malformation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kelainan Chiari adalah adanya tonjolan sebagian otak kecil yang masuk ke dalam rongga sumsum tulang belakang leher. Kelainan ini ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Hans Chiari. Normalnya, rongga sumsum tulang belakang di leher hanya berisi sumsum tulang belakang leher (korda spinalis servikal) dan cairan. Tetapi pada Kelainan Chiari ini, rongga sumsum tulang belakang diisi juga oleh tonjolan dari otak kecil. Akibatnya rongga sumsum tulang belakang leher akan menjadi sesak dan sumsum tulang belakang menjadi terdesak oleh tonjolan tersebut.

Gejala dan akibat Chiari Malformation[sunting | sunting sumber]

Gejala dari Chiari malformation adalah gangguan rasa raba pada lengan, nyeri di belakang kepala yang dipicu oleh batuk, bersin, atau setelah latihan fisik. Pada kelainan yang lebih berat dapat muncul kekakuan atau kelumpuhan satu atau lebih anggota gerak.

Cara Mendeteksi Chirai Malformation[sunting | sunting sumber]

Pemeriksaan Fisik dan Pemeriksaan MRI.

Penanganan Chirai Malformation[sunting | sunting sumber]

Apabila pasien telah positif menunjukan gejala tertentu, tindakan operasi wajib dilakukan. Operasi dilakukan dengan membuat ruang buatan di belakang kepala agar tonjolan tersebut tidak menekan sumsum tulang belakang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Kondisi Penanganan Chairi Malformation Surabaya Neuroscience Institute - Grup Ahli Bedah Saraf Surabaya