Cherrapunji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Papan Nama yang menyatakan Cherrapunji sebagai Tempat Terbasah di Dunia

Cherrapunji (juga dapat dieja sebagai Cherrapunjee), adalah sebuah kelurahan di Distrik East Khasi Hills di negara bagian Meghalaya, India. Meghalaya berarti "Rumah Awan". Begitu indahnya Meghalaya sehingga dijuluki "Skotlandia-nya Asia". Tempat ini dikenal sebagai Tempat Terbasah di Dunia.

Cherrapunji berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.

Daerah-daerah tropis mendapat banyak curah hujan ketika matahari menguapkan sejumlah besar volume air dari kawasan samudra yang hangat. Bila angin pembawa uap air dari Samudra Hindia bertabrakan dengan angin dari lereng selatan Pegungungan Himalaya dan didorong naik, angin itu akan menumpahkan semua muatannya dalam bentuk hujan deras. Plato Meghalaya merupakan daerah yang banyak curah hujannya. Selain itu, karena daerah yang tinggi ini tampaknya menerima sinar matahari tropis yang maksimal pada siang hari, awan hujan terbentuk dan melayang mengitari Plato itu sampai udara menjadi dingin menjelang malam hari. Itulah sebabnya kebanyakan hujab turun pada malam hari.

Selama bulan Juli 1861, Cherrapunji mendapat curah hujan yang sangat tinggi, yaitu 930 sentimeter. Juga, selama periode 12 bulan dari 1 Agustus 1860 hingga 31 Juli 1861, curah hujannya mencapai 2.646 sentimeter. Dewasa ini, secara rata-rata, Cherrapunji diguyur hujan 180 hari per tahun. Hujan yang terlebat terjadi antara bulan Juni hingga September. Karena kebanyakan hujan turun pada malam hari, para pengunjung dapat menikmati wisata tanpa harus kebasahan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

1. ^Sedarlah! 8 Mei 2001, h. 22-3, Watchtower Bible and Tract Society of New York, Inc.