Lompat ke isi

Cheena di

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cheena di (lit. 'Metode loncatan Cina atau tinju/pukulan Cina', dalam bahasa Sinhala kontemporer) adalah seni bela diri yang berasal dari Tiongkok di Sri Lanka.[1] Namun Gunadasa Subasinghe, seorang master, menyatakan bahwa cheena di merupakan seni bela diri yang awalnya diajarkan oleh imigran India di Sri Lanka. Kata Cheena sendiri diyakini berasal dari kata Chennai (A)di dari kata Chandi, sebutan bagi murid imigran India yang berkelahi di jalanan.[2]

Menurut cerita rakyat perkotaan, pertama kali dibawa ke Sri Lanka 1600 tahun yang lalu oleh biksu Shaolin yang berziarah ke Kuil Gigi.[3][4][5] Ini mungkin dibawa ke Sri Lanka oleh misionaris Budha Tiongkok yang menyebarkan Chin Na, sebuah subsistem yang termasuk dalam banyak gaya Kungfu, yang berfokus pada bergulat.[6] Teknik, persenjataan dan pakaiannya mirip dengan Angampora, yang dipengaruhi oleh seni bela diri India Selatan.

Cheena di dan Angampora adalah dua seni bela diri asli Sri Lanka.[7] Secara umum, Cheena di dikatakan sebagai bentuk yang lebih eklektik dan berkembang dari keduanya, mengasimilasi teknik-teknik yang berguna dari sumber apa pun, seperti dari seni bela diri yang dipraktekkan oleh berbagai pedagang asing dan emigran. Praktisi terkenal termasuk Master Gunadasa Subasinghe, Wilbert Fernando, Oliver Sirisena (Gune Mahaththaya), dan Wasantha Lanerolle (Kethe Sudu Mahaththaya).[8][9][10][11] Sementara sebagian lainnya sudah mengubah nama mereka menjadi praktisi Angampora.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Perera, Harshi (28 May 2013). "Angampora should be brought back to the limelight". Daily News. Diakses tanggal 13 March 2016. 
  2. ^ Subasinghe, Gunadasa. "Master Gunadasa Subasinghe: Cheena di Hrda Saakshiya". Angampora Martial Art (Wawancara). YouTube. 
  3. ^ "Galle Art Trail Festival - feast for mind and heart" (PDF). The Island. 23 October 2008. Diakses tanggal 20 May 2012. 
  4. ^ "|| Zing!". 
  5. ^ "|| Zing!". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-10. 
  6. ^ Gil, Manuela García; Garcia, Víctor Lluís Pérez i (13 July 2009). De Oriente a Occidente - Sabiduría Ancestral -. Vision Libros. hlm. 196. ISBN 978-84-9886-183-9. 
  7. ^ "Sri Lankan martial arts - the Cheena di boys and girls". Sunday Observer. 24 September 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-28. Diakses tanggal 20 May 2012. 
  8. ^ Subasinghe, Gunadasa. "Master Gunadasa Subasinghe: Cheena di Hrda Saakshiya". Angampora Martial Art (Wawancara). YouTube. 
  9. ^ Lanerolle, Wasantha. "Kethe Sudu Mahaththaya:Story about One of the Great Masters of Cheenadi". Angampora Martial Art (Wawancara). YouTube. 
  10. ^ Fernando, Wilbert. "The Story of an Unknown Fighter: Master Wilbert". Angampora Martial Art (Wawancara). YouTube. 
  11. ^ Sirisena, Oliver. "Art of "Cheenadi"". Angampora Martial Art (Wawancara). YouTube.