Chandra Lie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chandra Lie
CEO Sriwijaya Air Group
Mulai menjabat
2003
Informasi pribadi
Lahir4 April 1965 (umur 59)
Indonesia Pangkal Pinang, Indonesia
Suami/istriEmi Susila
AnakSheila Christivanny Lie
Sharon Christivanny Lie
Brenda Christivanny Lie
Sherly Christivanny Lie
PekerjaanPengusaha
CEO Sriwijaya Air Group
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Chandra Lie (lahir 4 April 1965) merupakan seorang pengusaha Indonesia yang kini menjabat sebagai CEO Sriwijaya Air Group.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pria kelahiran Pangkal Pinang ini memulai jiwa bisnisnya di usaha garmen. Namun kurang puas dengan usaha itu, Chandra memasuki dunia penerbangan. Chandra memulai bisnisnya dengan coba-coba masuk ke dunia penerbangan, dipercaya mengelola sebuah pesawat oleh koleganya. Dengan tenaga seadanya, pengusaha garmen itu mengelola pesawat itu dengan melayani angkutan kargo dan penumpang.

Memasuki usaha penerbangan bukanlah pekerjaan mudah kala itu atau tepatnya di awal tahun 2000-an. Juga karena bisnisnya di usaha garmen tetap berjalan. Praktis dia tetap membagi tenaga dan pikirannya di kedua bisnis itu. Merasa jiwanya di bisnis penerbangan, Chandra mengajak anggota keluarganya seperti Hendry Lie, Johanes B, dan Andy Halim membuat maskapai sendiri. Dengan bentuk kepemilikan usaha adalah 100 persen swasta murni mereka memberanikan diri mengambil armada sendiri satu pesawat Boeing 737-200 pada tanggal 10 November 2003. Pesawat itu mereka beri nama Sriwijaya Air dan berhasil melakukan penerbangan perdana dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang (PP), Jakarta-Palembang (PP), Jakarta-Jambi (PP) dan Jakarta-Pontianak (PP).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ "Chandra Lie". finansialku.