Chahan (makanan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hidangan nasi goreng chahan yang dipersiapkan dengan banyak bahan, disebuah restoran di Naha, Okinawa, Jepang
Chahan Jepang
Kimchi chahan ditambah dengan telur yang dimasak

Chahan (Jepang: チャーハン, Hepburn: Chāhan) adalah hidangan nasi goreng Jepang yang dipersiapkan dengan nasi sebagai bahan utama dan dengan berbagai bahan tambahan dan bumbu. Hidangan ini biasanya digoreng, dan dapat dimasak dalam wajan. Chahan mungkin berasal dari tahun 1860-an dari imigran Tiongkok tiba di pelabuhan Kobe. Chahan adalah makanan pokok di rumah di Jepang.[1] Sebuah variasi dari hidangan adalah Kimchi chahan. Beberapa restoran di luar Jepang melayani hidangan sebagai bagian dari hidangan mereka.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Chahan mungkin berasal dari imigran Tiongkok yang tiba di pelabuhan Kobe, Jepang pada tahun 1860-an. Dalam Bahasa Tionghoa, nasi goreng disebut chǎofàn (炒飯); ini memiliki karakter Tionghoa yang sama dengan bacaan bahasa Jepang dari Chāhan.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Samuels, D.; Robbins, H. (2013). My Japanese Table: A Lifetime of Cooking with Friends and Family. Tuttle Publishing. hlm. pt272–273. ISBN 978-1-4629-0638-3. 
  2. ^ Ono, T.; Salat, H. (2013). Japanese Soul Cooking: Ramen, Tonkatsu, Tempura, and More from the Streets and Kitchens of Tokyo and Beyond. Potter/TenSpeed/Harmony. hlm. 397–398. ISBN 978-1-60774-353-8. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]