Cetak kayu Dinasti Nguyễn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cetak Kayu Dinasti Nguyen di Arsip Nasional Vietnam

Cetak Kayu Dinasti Nguyễn (bahasa Vietnam: Mộc bản triều Nguyễn) adalah koleksi lempeng balok kayu yang dibuat pada masa pemerintahan Dinasti Nguyễn (1802-1945).[1]

Balok-balok kayu dengan jumlah total 34.555 lempeng atau papan ini terbagi dalam lebih dari 100 bagian. Memuat ukiran tentang berbagai topik dari literatur resmi, sejarah, geografi, sosial-politik, militer, undang-undang, pendidikan hingga buku-buku klasik dan bersejarah. Koleksi ini merupakan sumber sejarah yang orisinal dan layak untuk diteliti dalam mempelajari sejarah Vietnam.[2]

Koleksi Balok Kayu dari Dinasti Nguyễn diajukan pertama kali oleh Vietnam ke Memory of the World Programme pada tahun 2008, dan secara resmi masuk dalam daftar pada 31 Juli 2009. Menjadikan koleksi penting ini sebagai warisan dokumenter dunia pertama dari Vietnam.

Menurut UNESCO, koleksi tersebut selain memiliki nilai historis mengenai dinasti feodal dalam sejarah Vietnam, juga memiliki nilai artistik dan teknis.  Dari balok-balok kayu tersebut, kita bisa mengetahui perkembangan dan keunikan seni ukiran dan percetakan balok kayu di Vietnam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Royal woodblocks of Nguyen Dynasty". Royal woodblocks of Nguyen Dynasty (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-12. 
  2. ^ "Woodblocks from Nguyễn dynasty on show". vietnamnews.vn. Diakses tanggal 2023-10-12.