Celana kempol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sepasang celana kempol

Celana kempol atau celana kargo, juga kadang-kadang disebut celana tentara atau celana tempur setelah tujuan aslinya sebagai pakaian kerja militer, [1] [2] adalah celana berpotongan longgar yang awalnya dirancang untuk lingkungan kerja kasar dan aktivitas luar ruangan, dibedakan dengan banyak kantong utilitas besar untuk dibawa peralatan .

Celana pendek kempol adalah versi pendek dari celana kargo, dengan bagian kaki biasanya memanjang hingga mendekati lutut .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kantong kempol adalah salah satu bentuk kantong tempel, seringkali dengan lipatan akordeon untuk meningkatkan kapasitas, ditutup dengan penutup yang diamankan dengan kancing, magnet, atau Velcro yang biasa digunakan pada pakaian perang dan pakaian berburu. Pada beberapa desain, kantong kempol mungkin tersembunyi di dalam kaki.

Celana kempol terbuat dari kain tahan pakai dan dijahit dengan kokoh. Semakin banyak sabuk yang terbuat dari campuran sintetis atau katun-sintetis yang cepat kering, dan sering kali dilengkapi sengkelit sabuk berukuran besar untuk mengakomodasi sabuk anyaman lebar.

Pakaian ini dirancang secara khas agar dapat ditekuk di bagian lutut dan pinggul, dan dijahit dengan kampuh pangkas untuk kekuatan dan daya tahan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Loschek, Ingrid (2009). When clothes become fashion : design and innovation systems (edisi ke-English). Oxford: Berg. hlm. 107. ISBN 9781847883667. 
  2. ^ Hancock J, Augustyn E (June 2013). "'Fashionable pockets': The transnational rise of cargo pants into popular culture". Australasian Journal of Popular Culture. Intellect. 2 (2): 183–195(13). doi:10.1386/ajpc.2.2.183_1.