Celaga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Celaga
Kompartemen buritan berisi celaga kapal perang Swedia abad ke-17 Vasa .

Celaga adalah tuas yang digunakan untuk mengemudikan kendaraan. Mekanisme ini terutama digunakan pada perahu, yang dipasang pada motor tempel, atau daun kemudi untuk memberikan daya ungkit berupa torsi bagi juru mudi untuk memutar kemudi . Celaga juga dapat digunakan pada kendaraan di luar air, dan terlihat pada mobil awal.

Di kapal, celaga dapat digunakan oleh juru mudi yang langsung menarik atau mendorongnya, namun dapat juga dipindahkan dari jarak jauh menggunakan tali anakan atau roda kapal . Pergerakan celaga yang cepat atau berlebihan mengakibatkan peningkatan gaya hambat dan mengakibatkan pengereman atau perlambatan perahu.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Celaga adalah tuas yang digunakan untuk mengemudikan kendaraan. Ini memberikan pengaruh dalam bentuk torsi untuk memutar perangkat yang mengubah arah kendaraan, seperti kemudi pada perahu atau roda permukaan pada kendaraan beroda . Celaga dapat digunakan dengan menarik atau mendorongnya secara langsung, tetapi juga dapat dipindahkan dari jarak jauh menggunakan roda kemudi, dan variasi lainnya. (Misalnya, beberapa kayak mempunyai pedal kaki yang memutar anakan.) Celaga pada motor tempel sering kali menggunakan mekanisme kontrol tambahan di mana puntiran poros digunakan untuk memvariasikan kecepatan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Boating Tips: How to Use a Tiller Steer Outboard - boats.com". www.boats.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-20.