Cathartiformes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cathartiformes
Rentang fosil: Eocene to present
Cathartes aura
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Cathartiformes

Coues, 1884
Famili

Cathartiformes /kəˈθɑːrtɪfɔːrmz/ adalah ordo burung pemangsa yang berisi Hering dunia baru (Cathartidae) dan keluarga burung teratornis (Teratornithidae) beserta kerabat-kerabatnya yang sekarang sudah punah.[1]. Ordo ini diklasifikasikan oleh sebagian besar otoritas taksonomi sebagai bagian dari ordo Accipitriformes (mencakup elang dan kerabatnya). Di masa lalu, mereka dianggap sebagai kelompok saudara bangau (ordo Ciconiiformes) berdasarkan hibridisasi dan morfologi DNA-DNA.[2][3] Namun dalam analisis DNA mitokondria pada tahun 2021, di antara Accipitrimorphae yang meliputi Cathartiformes memperkuat temuan sebelumnya tentang hubungan filogenetik antara Cathartiformes dan subfamili Accipitriformes lainnya.[4]

Cathartiformes memiliki adaptasi unik pada bulunya yang berbulu halus yang mencegah akumulasi bakteri dan spora jamur, yang memungkinkan mereka memakan bangkai tanpa menjadi sakit. Bulu mereka tidak memiliki kait yang saling terkait yang ditemukan pada bulu burung lain, yang membuatnya lebih fleksibel dan memungkinkan pergerakan yang lebih besar. Fleksibilitas ini dapat membantu kemampuan mereka untuk mempertahankan suhu tubuh saat melayang di ketinggian dan menavigasi melalui arus udara yang bergejolak. Selain itu, adanya pulp bulu dan pigmen melanin pada bulu ini dapat berkontribusi pada daya tahan dan ketahanannya terhadap keausan. Karakteristik bulu ini berbeda dengan Cathartiformes dan kemungkinan besar memainkan peran penting dalam ceruk ekologi unik mereka sebagai pemulung. Selain ordo burung ini memiliki sistem pencernaan yang sangat asam yang memungkinkan mereka memecah dan menghancurkan patogen berbahaya dalam makanan mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chatterjee, Sankar; Templin, R. Jack Jr.; Campbell, Kenneth E. (July 24, 2007). "The aerodynamics of Argentavis, the world's largest flying bird from the Miocene of Argentina". Proceedings of the National Academy of Sciences. 104 (30): 12398–12403. doi:10.1073/pnas.0702040104alt=Dapat diakses gratis. PMC 1906724alt=Dapat diakses gratis. PMID 17609382. Templat:Notinsource
  2. ^ Ligon, J. David. "Relationships of the cathartid vultures." (1967).
  3. ^ Sibley, Charles Gald & Ahlquist, Jon Edward (1990): Phylogeny and classification of birds. Yale University Press, New Haven, Conn.
  4. ^ Urantowka, Kroczak, Strzała, Zaniewicz, Kurkowski, Mackiewicz, Adam, Aleksandra, Tomasz, Grzegorz, Marcin , Paweł (August 15, 2021). "Mitogenomes of Accipitriformes and Cathartiformes Were Subjected to Ancestral and Recent Duplications Followed by Gradual Degeneration". Genome Biology and Evolution. 13 (9). doi:10.1093/gbe/evab193. PMC 8435663alt=Dapat diakses gratis Periksa nilai |pmc= (bantuan). PMID 34432018 Periksa nilai |pmid= (bantuan).