Lompat ke isi

Catalina Devandas Aguilar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Catalina Devandas Aguilar adalah seorang pengacara dengan pelatihan advokat hak asasi manusia dengan gelar sarjana hukum dan gelar master dalam studi kecacatan interdisipliner dari Universitas Kosta Rika serta program master untuk hak-hak dasar di Universitas Carlos III, Madrid. Ia merupakan seorang ibu dari tiga anak perempuan yang lahir dengan mengidap spina bifida yang mengharuskannya untuk menggunakan kursi roda.

Karir[sunting | sunting sumber]

Ia menjabat sebagai Pelapor Khusus PPB pertama tentang Hak-hak Penyandang Disabilitas pada tahun 2014 hingga 2020. Dalam pekerjaannya sebagai Pelapor Khusus, ia memprioritaskan inklusi sosial ekonomi, memberikan promosi terkait kewarganegaraan secara penuh terhadap penyandang disabilitas, dan memberikan pemahaman bahwa penyandang disabilitas merupakan bagian dari keberagaman manusia.

Sebelumnya, ia menjadi bagian dari gerakan hak-hak disabilitas dalam tingkat nasional. Kemudian dia aktif menjalankan karirnya selama 20 tahun terakhir dalam mengembangkan dan memonitor hak-hak disabilitas, termasuk menjadi konsultan pembangunan disabilitas dan inklusif dengan Bank Dunia, sebagai petugas asosiasi untuk urusan sosial di Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial Persarikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Organisasi Donor Internasional yang mendukung pekerjaan penyandang disabilitas untuk menyalurkan implementasinya dalam Sekretariat Konvensi Hak-Hak Penyandang Disabilitas.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Catalina Devandas". Ford Foundation (dalam bahasa Inggris). 2022-06-15. Diakses tanggal 2024-06-06.