Cantal (keju)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cantal
Cantal 03.jpg
Negara asalPrancis
Kawasan, kotaCantal
Sumber susuSapi
DipasteurisasiYa
TeksturKeras
Kadar lemak45%
Waktu pematangan30 hari
SertifikasiAOC: 1956[1]

Cantal adalah keju dari daerah dengan nama sama di Prancis dan diproduksi dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi.[1] Keju ini berasal dari Pays Vert di Auvergne dan diproduksi di seluruh daerah di departemen Cantal dan di 41 desa di departemen Aveyron, Corréze, Haute-Loire, dan Puy-de-Dôme.[1] Keju ini dibuat dengan memasukkan dadih ke dalam silinder kayu yang disebut le formage.[2] Alat tersebut merupakan asal usul dari kata keju dalam bahasa Prancis yaitu fromage.[2] Ada dua jenis keju Cantal, yaitu Cantal Fermier dan Cantal Laitier.[2] Cantal Fermier diproduksi di pegunungan selama musim panas sedangkan Cantal Laitier diproduksi sepanjang tahun menggunakan susu yang dipasteurisasi.[2] Keju Cantal dijual sebagai jeune ketika berumur minimal 30 hari.[2] Sedangkan ketika mencapai lebih dari enam bulan maka keju ini dikategorikan sebagai vieux.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8. 
  2. ^ a b c d e f (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 23.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]