Cantal (keju)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Cantal
Cantal 03.jpg
Negara asal Perancis
Kawasan, kota Cantal
Sumber susu Sapi
Dipasteurisasi Ya
Tekstur Keras
Kadar lemak 45%
Waktu pematangan 30 hari
Sertifikasi AOC: 1956[1]

Cantal adalah keju dari daerah dengan nama sama di Perancis dan diproduksi dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi.[1] Keju ini berasal dari Pays Vert di Auvergne dan diproduksi di seluruh daerah di departemen Cantal dan di 41 desa di departemen Aveyron, Corréze, Haute-Loire, dan Puy-de-Dôme.[1] Keju ini dibuat dengan memasukkan dadih ke dalam silinder kayu yang disebut le formage.[2] Alat tersebut merupakan asal usul dari kata keju dalam bahasa Perancis yaitu fromage.[2] Ada dua jenis keju Cantal, yaitu Cantal Fermier dan Cantal Laitier.[2] Cantal Fermier diproduksi di pegunungan selama musim panas sedangkan Cantal Laitier diproduksi sepanjang tahun menggunakan susu yang dipasteurisasi.[2] Keju Cantal dijual sebagai jeune ketika berumur minimal 30 hari.[2] Sedangkan ketika mencapai lebih dari enam bulan maka keju ini dikategorikan sebagai vieux.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8. 
  2. ^ a b c d e f (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 23.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]