Candi Sumberjati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Candi Sumberjati dikenal pula dengan nama Candi Simping. Awalnya, pada tahun 1866 J.E. Teijsmann melaporkan sebuah bangunan suci bernama Soengkoep dan kemudian disebut Candi Simping oleh F.F.K. Boscj. P.J. Perquin menulis Candi Sumberjati/Candi Simping tersebut dan kemudian banyak peneliti mulai tertarik mengadakan penelitian tentang candi tersebut.

        Sayangnya, candi saat ini tinggal bagian kaki candi saja. Kaki candi dihiasi oleh antefiks yang mengelilinginya. Menarik perhatian, karena relief pada antefiks tersebut berupa relief berbagai jenis binatang, termasuk “binatang bulan” (hare/sasa) binatang suci yang banyak ditemukan sebagai relief di candi-candi Jawa Timur.
        Candi Sumberjati/Candi Simping menghadap ke barat dan di depan pintu masuk terdapat sebuah bangunan kecil yang berfungsi seperti “aling-aling”. Pada keempat sudut kakinya terdapat bekas-bekas tempat miniatur candi. Arca berbentuk Harihara, sekarang sudah disimpan di Museum Nasional Jakarta.

latar belakang[sunting | sunting sumber]

        Latar belakang pendirian Candi Sumberjati/Candi Simping ada dalam kakawin Nagarakrtagama. Diceritakan Raja Hayam Wuruk berkeliling pada tahun 1283 Saka (1361 Masehi) ke Lodaya, lalu singgah ke Simping. Raja melihat reruntuhan prasada dan juga letaknya terlalu ke barat. Maka pada tahun 1286 saka (1363 Masehi) raja ke Simping lagi dan prasada yang rusak diperbaiki serta letaknya digeser ke timur. Upacara persajian (widhi-widhana) dan puja dilakukan oleh pengawas (adhyaksa) yaitu Yang Mulia Rajaparakrama. Ia melanjutkan upacara berdasarkan pengetahuannya tentang Tattwopadesa dan Siwagama. Kemudian ia melakukan upcara peresmian arca (adhistana) Raja Krtarajasa.
        Dari cerita tersebut diketahui, Candi Simping adalah pendharmaan Raja Krtarajasa yang rusak kemudian diperbaiki oleh Raja Hayam Wuruk. Mungkin arca Harihara, adalah arca perwujudan Raja Krtarajasa. Yang diresmikan oleh Adhyaksa Rajaparakrama.[1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

alamat : Desa Sumberjati, Kademangan, Blitar, Jawa Timur

Koordinat : 8°9' 52,000" LS 112°8' 46,000" BT

ketinggian : 166 mdpl

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sedyawati, Edi, 1938-. Candi Indonesia. Latief, Feri,, Indonesia. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, (edisi ke-Cetakan pertama). [Jakarta]. ISBN 978-602-17669-3-4. OCLC 886882212.