Candi Pringtali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Candi Pringtali
Lua error in Modul:Location_map at line 501: Unable to find the specified location map definition: "Module:Location map/data/Topografi Jawa" does not exist.
Lokasi di Pulau Lua error in Modul:Location_map at line 42: Unable to find the specified location map definition: "Module:Location map/data/Topografi Jawa" does not exist.
Informasi umum
KotaDusun Pringtali, Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Negara Indonesia
Koordinat7°42′38″S 110°09′35″E / 7.7105644°S 110.1598346°E / -7.7105644; 110.1598346

Candi Pringtali adalah sebuah situs purbakala yang ada di Dusun Pringtali, Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini diperkiraan peninggalan Kerajaan Majapahit karena disitus tersebut terdapat Surya Majapahit. Situs ini terdapat satu stupa candi yang berukuran kurang lebih 2 meter dengan panjang sisi sekitar 50 sentimeter.

Candi tersebut belum diketahuhi kapan dibangun dan untuk apa candi tersebut karena tidak memiliki catatan mengenai sejarah keberadaan Candi ini. Diperkirakan candi ini sudah berdiri sudah ratusan tahun. Situs ini sudah sedikit rusak dan beberapa bagian candi sudah hilang karena kurangnya perawatan terhadap candi hindu tersebut. situs ini hanya dipagari pagar bambu yang panjang sisinya sekitar 5 meter.

Kondisi Candi[sunting | sunting sumber]

Kondisi candi sangat menggenaskan dan hampir tidak berbentuk tidak sepeti candi pada umumnya bahkan di salah sisinya terdapat pohon Beringin besar dan bisa merusak bahkan menghancurkan candi. Akar Beringin tersebut menjalar di setiap sudut candi apabila tidak diatasi akan merusak struktur candi dan bila ada bencana alam sewaktu-waktu candi itu bisa kejatuhan dahan. Situs tersebut sudah ditutupi oleh lumut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

[1] [2] [3] [4]

KategoriːCandi Kulon Progo

  1. ^ http://filosofiwisata.blogspot.co.id/2016/04/candi-pringtali.html
  2. ^ http://info-samigaluh.blogspot.co.id/2014/11/jejak-prasejarah-samigaluh-candi.html
  3. ^ http://jogja.mblusuk.com/325-Candi-Pringtali.html
  4. ^ http://www.jogjaland.net/candi-pringtali-jogja/