Candi Plembutan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Candi Plembutan adalah adalah sebuah candi Hindu yang berada di Dusun Plembutan Timur, Desa Plembutan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.[1]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Candi Plembutan berada di ketinggian 185 mdpl dan merupakan candi bertipe tunggal (single temple). Saat ini Candi Plembutan terlihat seperti gundukan rendah. Di sekitar gundukan terdapat banyak batu berserakan dan beberapa di antaranya membentuk gundukan. Selain itu ada pula fragmen mirip mahkota,[1] fragmen tangan arca Ganesha, fragmen gerabah, dan ornamen lainnya.[2] Candi ini terbuat dari batu putih. Menghadap ke barat, candi ini memiliki denah persegi dengan ukuran 13 meter x 13 meter. Karena terdapat umpak batu di situs, maka candi ini diperkirakan menggunakan atap berbahan kayu. Meskipun candi ini sudah tidak berdiri dan sulit diidentifikasi, adanya temuan arca Agastya dan yoni dapat menjadi petunjuk bahwa latar belakang keagamaan candi ini adalah Hindu.[3]

  1. ^ a b Degroot, Véronique Myriam Yvonne (2009). Candi, space and landscape : a study on the distribution, orientation and spatial organization of Central Javanese temple. Leiden: Leiden University. hlm. 187. 
  2. ^ Nurgantara, Edo (18 Januari 2015). "Candi Plembutan, Salah Satu Candi Hindu di Gunungkidul". Kabar Handayani. Diakses tanggal 10 Maret 2020. 
  3. ^ Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY (12 Juni 2014). "Selayang Pandang Candi Plembutan". Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY. Diakses tanggal 10 Maret 2020.