Candi Kotes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Candi Kotes
Lua error in Modul:Location_map at line 439: Tidak ada nilai yang diberikan untuk garis bujur.
Informasi umum
Gaya arsitekturcandi
KotaKabupaten Blitar, Jawa Timur.
NegaraIndonesia
Mulai dibangunsekitar 1300 Masehi

Candi Kotes adalah kompleks sebuah candi yang terletak di Desa Kotes, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Candi Kotes juga biasa dikenal dengan Candi Papoh. Candi Kotes pertama kali dipugar oleh Dinas Purbakala (Oudheidkundige Dienst) pada tahun 1921.[1] Kompleks Candi Kotes terdiri atas dua bangunan yang disebut Candi Kotes I dan Candi Kotes II. Candi Kotes bersifat bersifat agama Hindu-Saiwa yang dapat diketahui dari arca-arca yang ditemukan. Memperhatikan angka tahun yang menempel pada batur candi, diperkirakan Candi Kotes berasal dari masa awal Kerajaan Majapahit. pada candi-candi di lereng gunung, terdapat tiga altar utama atau dua altar dan satu replika candi yang terletak di atas bangunan berundak yang menempel di lereng-lereng gunung candi.

Candi Kotes I[sunting | sunting sumber]

Candi Kotes I mempunyai ukuran panjang 360 cm, lebar 224 cm, tinggi 142 cm, dan struktur bangunan candinya hanya tinggal bagian kaki candi yang berbentuk segi empat. Bangunan candi menghadap ke barat dan pada bagian timur laut candi terdapat pahatan angka 1223 Saka (1301 M). Di atas kaki candi terdapat dua buah altar dan satu miniatur candi. Miniatur candi ini memiliki tiga bagian yaitu atap candi, tubuh candi dan kaki candi. Di bagian tubuh candi terdapat pintu gerbang yang menghadap ke arah barat dan di atas pintunya tersebut terdapat hiasan berupa kala, sedangkan di sisi sebelah utara, timur dan selatan tubuh candi terdapat relung-relung semu yang di atasnya juga terdapat hiasan kala. Bagian atap candi berbentuk kubus yang penuh dengan ukiran dan hiasan antefik.

Candi Kotes II[sunting | sunting sumber]

Candi Kotes II kondisi bangunannya masih baik dan mempunyai ukuran panjang 754 cm, lebar 537 cm dan tingginya 90 cm. Candi Kotes II berbentuk segiempat, dan bangunan yang tersisa hanya berupa dasar candi dan tangga masuk yang berada di sebelah barat, sedangkan di sisi tangga terdapat pahatan angka tahun 1222 Saka (1300 M).

Struktur Candi[sunting | sunting sumber]

Terdapat tiga batur/lapik pada halaman candi yang berderet ke belakang dan menghadap ke barat. Batur pertama terletak paling depan, tangga di sebelah barat dengan pipi tangga berbentuk siku-siku. di sebelah kanan tangga terdapat sebuah altar berbentuk meja. Diatas batur terdapat dua altar dan satu miniatur candi. batur kedua dan ketiga tidak ada altar tetapi terdapat beberapa umpak. Pada pipi batur pertama itu kedua itu terdapat inkripsi berupa angka tahun 1223 saka ( 1301 Masehi). Beberapa arca yaitu arca Ganesha, Durga Mahadewa, Guru (Agastya), dan Nandi yang pernah ditemukan di Candi tersebut sekarang sudah tidak ada lagi di tempatnya.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Sedyawati, Edi, 1938-. Candi Indonesia. Latief, Feri,, Indonesia. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, (edisi ke-Cetakan pertama). [Jakarta]. ISBN 9786021766934. OCLC 886882212. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. Candi Kotes