Calf of Man

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Calf of Man
Calf of Mann
Geografi
Titik tertinggi415 ft (126.5 m) (mohon hapus nilai dalam kaki [ft])
Pemerintahan
NegaraPulau Man
Demografi
Penduduk2 jiwa

Calf of Man (Bahasa Manx: Yn Cholloo) adalah sebuah pulau kecil seluas 250 ha (hampir 1 mil persegi) di lepas pantai barat daya Pulau Man.[1][2][3] Pulau kecil ini terpisah dengan Pulau Man oleh selat sempit yang disebut Calf Sound. Seperti pulau-pulau berbatu terdekatnya Chicken Rock dan Kitterland, pulau ini adalah bagian dari paroki Rushen. Pulau ini hanya dihuni oleh dua penghuni musiman. Kata "calf" berasal dari kata Norse Kuno "kalfr" yang berarti "sebuah pulau kecil terletak di dekat yang lebih besar". Calf of Man dapat ditempuh dengan kapal dari Port Erin ataupun Port St. Mary. Cow Harbour dan Harbour Selatan adalah daratan utama di pulau ini. Titik tertinggi pulau ini berada di bagian barat di mana puncak yang tidak bernama memiliki ketinggian 128 meter di atas permukaan laut.

Sampai tahun 1939, pulau ini berada di bawah kepemilikan pribadi oleh keluarga Keig, tetapi pulau itu dibeli oleh F. J. Dickens dari Silverdale, Lancashire yang kemudian ia menyumbangkannya ke National Trust untuk dijadikan tempat perlindungan burung. Pada tahun 1951 Manx National Trust didirikan, yang menjadi Manx National Heritage. Pada tahun 2006 Manx National Heritage menggunakan kegiatan amal Manx Wildlife Trust sebagai Penyedia Layanan Penjaga Calf, tetapi tetap memiliki kepemilikan. Pulau ini telah menjadi observatorium burung sejak tahun 1959 dan menyambut baik kunjungan dari sukarelawan dan ahli ilmu burung. Observatorium ini mampu menampung hingga delapan pengunjung dalam akomodasi katering mandiri dasar yang bisa dipesan melalui Manx National Heritage.

Salah satu dari dua mercusuar yang dibangun oleh Robert Stevenson in 1818 untuk memperingatkan kapal agar terhindar dari Chicken Rock. Saat ini tidak digunakan lagi.

Calf of Man dan batuan di lepas pantainya memiliki tak kurang dari empat mercusuar di mana dua mercusuar itu dibangun pada tahun 1818 oleh Robert Stevenson untuk memperingatkan pelaut akan bahayanya Chicken Rock di ujung selatan pulau ini. Kemudian digantikan pada tahun 1875 oleh sebuah mercusuar yang dibangun di atas Chicken Rock itu sendiri. Pada tahun 1968, mercusuar ketiga dibangun di atas pulau setelah kebakaran hebat membakar mercusuar Chicken Rock. Mercusuar Chicken Rock kemudian dibangun kembali.[4] Terdapat dua jalan kecil yang tidak berpagar di pulau itu dan dua sungai yang sangat pendek.

Di antara Pulau Man dan Calf of Man adalah pulau kecil bernama Kitterland, sementara pulau kecil Yn Burroo dan Stack terletak dekat dengan pantai Calf of Man. Pada agian selatan pulau ini terdapat sebuah teluk kecil bernama The Puddle. Hampir satu mil arah barat daya pulau ini adalah Chicken Rock, bagian paling selatan dari wilayah Pulau Man.

Calf of Man adalah rumah bagi sebuah pembiakan populasi burung penggunting-laut manx, sejenis burung laut yang namanya berasal dari kehadirannya di perairan Pulau Man. Calf of Man juga memiliki koloni besar anjing laut yang hidup dan berkembang biak di bebatuan pantai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Places to visit: Calf of Man". Manx National Heritage. Diakses tanggal 25 May 2016. 
  2. ^ "Calf of Man explored (archived)". BBC. Diakses tanggal 25 May 2016. 
  3. ^ "Coast & countryside". Manx National Heritage. Diakses tanggal 25 May 2016. 
  4. ^ Coakley, F. (2001) Calf of Man Lights and Chicken Rock Light, both in: A Manx Notebook: An electronic compendium of matters past and present connected with the Isle of Man. Retrieved 14 May 2007

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 54°03′10″N 4°49′13″W / 54.05278°N 4.82028°W / 54.05278; -4.82028