Caeremoniale Episcoporum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Caeremoniale Episcoporum
Sebuah ilustrasi yang menjelaskan tujuan dari berbagai buku liturgi Katolik. Upacara Uskup (kiri bawah) digambarkan sebagai "arahan rubrik untuk upacara uskup".
Tanggal terbit
14 Juli 1600

Cæremoniale Episcoporum (terj.Upacara Para Uskup) adalah sebuah buku liturgi yang menggambarkan Misa gereja yang akan dilakukan oleh para uskup di Gereja Latin dari Gereja Katolik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Paus Klemens VIII menerbitkan pada tanggal 14 Juli 1600 buku pertama yang menyandang nama ini, suatu revisi, sejalan dengan pembaruan yang diperintahkan oleh Konsili Trente, isi buku-buku tersebut, yang disebut Ordines Romani, ditulis sejak akhir abad ketujuh untuk menggambarkan upacara pemilihan dan penahbisan seorang Paus dan untuk memberikan indikasi Misa dan perayaan-perayaan Paus lainnya sepanjang tahun. Isi buku-buku ini diperkaya seiring berjalannya waktu. Sebuah karya dalam dua bagian yang kemudian dikenal sebagai De Cæremoniis Cardinalium et Episcoporum in eorum diœcesibus (Upacara Para Kardinal dan Uskup di Keuskupan Mereka Sendiri) ditambahkan pada abad keenam belas. Cæremoniale Episcoporum karya Paus Klemens VIII didasarkan pada teks-teks ini dan teks-teks lain yang kini telah hilang. Pekerjaan persiapan, yang dimulai pada bulan Desember 1582 di bawah Paus Gregorius XIII memakan waktu 17 tahun. Faksimili edisi asli tahun 1600 dalam dua buku diterbitkan oleh Libreria Editrice Vaticana pada tahun 2000.

Paus Inosensius X menerbitkan edisi revisi pada tahun 1650. Pada tahun 1727 atau 1729 bab-bab tersebut, yang awalnya dicetak sebagai blok tunggal, dibagi menjadi paragraf-paragraf bernomor dan ringkasan ditambahkan di awal setiap bab, sebagai pengganti judul-judul sebelumnya. Pada tahun 1752, Paus Benediktus XIV merevisi sedikit kedua buku yang sudah ada sebelumnya dan menambahkan buku ketiga tentang upacara-upacara yang harus dilaksanakan oleh mereka yang memegang jabatan sipil di Negara Kepausan.

Pada tahun 1886, Paus Leo XIII membuat revisi lagi, yang mana, meskipun Negara Kepausan telah dimasukkan ke dalam Kerajaan Italia, ia tetap menyimpan buku ketiga. Catholic Encyclopedia memberikan penjelasan tentang Cæremoniale Episcoporum yang berdiri setelah revisi tahun 1886 ini.[1]

Sejalan dengan pembaruan yang diperintahkan oleh Konsili Vatikan Kedua, edisi yang telah direvisi sepenuhnya dalam satu volume diterbitkan oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1984, menggantikan edisi-edisi sebelumnya. (Cetak ulang dengan beberapa koreksi diikuti pada tahun 1985.[2]) Revisi ditujukan untuk menjamin liturgi episkopal yang "sederhana, dan pada saat yang sama mulia, efektif secara pastoral, dan mampu menjadi teladan bagi semua perayaan liturgi lainnya."[3]

Terjemahan bahasa Inggris, Ceremonial of Bishops, diterbitkan tahun 1989.[4] Buku ini terdiri dari delapan bagian:

  1. Liturgi Episkopal secara umum
  2. Misa
  3. Jam kanonis dan Perayaan Sabda Tuhan
  4. Perayaan Misteri Tuhan sepanjang tahun
  5. Sakramen
  6. Sakramental
  7. Tanggal-tanggal penting dalam kehidupan seorang uskup
  8. Perayaan liturgi dihubungkan dengan tindakan khidmat pemerintahan uskup

Terdapat juga lampiran tentang:

  1. Pakaian para uskup
  2. Tabel hari-hari liturgi disusun berdasarkan urutan prioritas
  3. Meja Misa Ritual, Misa Berbagai Kebutuhan, Misa Votif dan Misa Requiem
  4. Daftar singkatan dan sigla yang digunakan dalam buku

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ensiklopedia Katolik http://www.newadvent.org/cathen/03133a.htm.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  2. ^ "Caeremoniale episcoporum, editio typica, reimpressio 1985". Notitiae. 1985 (230-231): 494–495. Diakses tanggal 19 November 2023. 
  3. ^ "Caeremoniale Episcoporum - Cerimoniale dei Vescovi" (PDF). Jemaat Ibadat Ilahi. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31-03-2010. 
  4. ^ Komite Internasional Bahasa Inggris dalam Liturgi (1989). Upacara Para Uskup : direvisi berdasarkan dekrit Konsili Vatikan Kedua dan diterbitkan atas wewenang Paus Yohanes Paulus II. ISBN 0-8146-1818-9. OCLC 20486520.  Tidak memiliki parameter |last1= di Authors list (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]