Cabrales

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Cabrales
Cabrales blue Cheese.jpg
Negara asal Spanyol
Kawasan, kota Cabrales
Sumber susu Sapi
Kambing
Domba
Dipasteurisasi Tidak
Tekstur Semi-keras
Kadar lemak 45%
Waktu pematangan 3 bulan
Sertifikasi DO[1]

Cabrales adalah keju yang berasal dari Spanyol yang dibuat dengan menggunakan campuran susu sapi, susu kambing dan susu domba mentah.[1] Keju ini diproduksi secara eksklusif di desa dengan nama sama dan tiga desa lainnya di timur Asturia, di Spanyol bagian utara.[1] Cabrales adalah keju biru yang diproduksi pada musim semi dan musim panas.[2] Keju ini secara rradisional dibungkus dengan daun pohon maple sehingga kulit dari keju ini dipenuhi dengan aroma daun tersebut.[2] Bagian kulit dari keju Cabrales berwarna oranye kekuning-kuningan dan memiliki permukaan yang kasar dan lengket.[2] Sedangkan bagian dalam dari keju ini berwarna putih ataupun kuning dengan pinggiran yang berwarna cokelat.[2] Keju ini dimatangkan di gua batu kapur alami selama dua hingga tiga bulan.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 72-73.
  2. ^ a b c d e (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 95.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]