CDS/ISIS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

CDS/ISIS merupakan paket program (software) yang diperuntukkan bagi sistem temu-kembali informasi yang dibangun, dikelola, dan disebarkan oleh UNESCO. Program aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1985 dan sejak saat itu juga sudah lebih dari 20.000 lisensi atas CDS/ISIS ini dikeluarkan oleh UNESCO dan oleh sebuah jaringan distributor CDS/ISIS dunia. Secara khusus, CDS/ISIS sangat cocok untuk aplikasi bibliografis atau digunakan sebagai basis data katalog perpustakaan berukuran kecil maupun sedang. Beberapa versi program ini telah dibuat dalam bahasa Arab, Tionghoa, Inggris, Prancis, Jerman, Rusia, dan Spanyol. UNESCO menyatakan program ini gratis untuk tujuan non-komersial, kendatipun demikian penyalur/distributor diperbolehkan memungut biaya sabagai ganti biaya pengiriman.

CDS/ISIS adalah bentuk singkat dari Computerised Documentation Service / Integrated Set of Information Systems. "Paket program ini disepakati oleh perpustakaan di negara berkembang sebagai sebuah program baku/standar untuk pengembangan sistem informasi" "This package is accepted by libraries in the developing countries as a standard software for information system development" (as of 2003). [1]

Awal mulanya, CDS/ISIS berjalan pada mesin mainframe IBM dan sudah didesain sebelumnya sejak pertengahan tahun 70-an oleh Mr Giampaolo Del Bigio pada sistem dokumentasi UNESCO CDS (UNESCO's Computerized Documentation System). Sistem CDS ini dibangun berdasarkan pada sistem internal ISIS (Integrated Set of Information Systems)--sistem informasi yang terintegrasi—milik ILO di Genewa, Swiss.

Baru pada tahun 1985 itulah, sebuah versi yang diperuntukkan bagi komputer mini dan mikro dibuat menggunakan bahasa Pascal. Sistem ini berjalan pada komputer IBM PC dalam sistem MS-DOS. Winisis adalah versi windows dari CDS/ISIS yang pertama kali dikenalkan pada tahun 1995 dan dapat berjalan pada komputer standalone atau dapat pula berjalan dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN). JavaISIS merupakan komponen klien/server yang memungkinkan manajemen basisdata jarak jauh melalui Internet dan tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux dan Macintosh. Ada lagi, yakni GenISIS yang membantu pengguna CDS/ISIS untuk membuat form HTML yang nantinya dihasilkan halaman penelusuran basisdata CDS/ISIS via web. Sedangkan ISIS_DLL disediakan UNESCO sebagai Application Programming Interface (API) untuk mengembangkan aplikasi berbasis CDS/ISIS.