Buwel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Buwel
Veneridae
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumMollusca
KelasBivalvia
OrdoVeneroida
SuperfamiliVeneroidea
FamiliVeneridae
Rafinesque, 1815

Veneridae atau venerids, nama umum : kerang buwel, atau kerang Venus, adalah famili yang sangat besar dari kerang air asin berukuran kecil hingga besar, moluska kerang laut. Lebih dari 500 spesies kerang buwel yang masih hidup diketahui, sebagian besar dapat dimakan, dan banyak di antaranya dieksploitasi sebagai sumber makanan.

Banyak spesies terpenting yang dapat dimakan yang umumnya dikenal (di AS) hanya sebagai "kerang". Venerid merupakan bagian penting dari perikanan bivalvia yang dapat dimakan di dunia. Keluarga ini mencakup beberapa spesies yang penting secara komersial, seperti (di AS) kerang keras atau quahog, Mercenaria mercenaria .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Alur cangkang cenderung konsentris, tetapi ornamen radial dan divariasikan (lihat Gafrarium ), dan jarang duri ( Pitar lupanaria misalnya) terdapat pada beberapa alur. Salah satu subfamili kecil, Samarangiinae, diciptakan untuk kerang unik dan langka yang ditemukan di terumbu karang dengan lapisan luar berupa pasir atau lumpur yang disemen yang secara tekstur menyamarkannya sekaligus meningkatkan ketebalan cangkangnya. Beberapa kerang venerid memiliki bentuk cangkang keseluruhan yang disesuaikan dengan lingkungannya. Spesies Tivela, misalnya, memiliki bentuk segitiga seperti kerang selancar di keluarga kerang lainnya, dan sering muncul di zona selancar. Beberapa spesies Dosinia bentuknya hampir seperti cakram dan mengingatkan pada kerang lucinid; kedua jenis kerang melingkar cenderung menggali relatif dalam ke dalam sedimen. Reklasifikasi lebih lanjut diharapkan seiring dengan munculnya hasil penelitian terkini dalam sistematika molekuler pada kelompok tersebut dalam literatur.

Venerid memiliki cangkang padat berbentuk bulat atau oval dengan umbone (tonjolan) menghadap ke ujung anterior. Tiga atau empat gigi utama ada di setiap katup. Sifonnya pendek dan menyatu, kecuali di ujungnya, dan tidak terlalu panjang. Kakinya besar.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barrett, J. H. and C. M. Yonge, 1958. Collins Pocket Guide to the Sea Shore. P. 158. Collins, London