Busir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Busir (bahasa Yunani: Ιβούζηρος Γλιαβάνος) fl. 688–711) adalah Khagan Khazar yang memerintah pada awal abad ke-VIII. Nama ini ditemukan dalam karya anonim Bizantium abad ke-VIII yang dikenal sebagai "Catatan Sejarah Singkat," yang mencatat informasi yang relatif rinci tentangnya terutama dalam konteks intervensinya dalam perselisihan suksesi di Kekaisaran Bizantium.

Pada tahun 704 Yustinianus II, yang telah diasingkan di Chersonesos selama sembilan tahun, tiba di istana Busir. Busir, yang mungkin ingin menggunakan dia dalam manuver politiknya dengan Kekaisaran Bizantium, menyambut Yustinianus dan mengawinkannya dengan saudara perempuannya (nama Khazar wanita tersebut tidak diketahui, tetapi dia mengambil nama baptis Theodora). Busir memberi pasangan itu dana dan sebuah rumah di Phanagoria. Busir memberikan perlindungan kepada Kaisar Bizantium yang digulingkan, Yustinianus II, saat ia melarikan diri ke Cherson, tempat ia mengasingkan diri. Kagan ini menikahkannya dengan saudara perempuannya Theodora, yang kemudian memberinya perlindungan di wilayah Khazar, terutama di Phanagoria. Namun, di bawah pengaruh Kaisar Bizantium saat ini, Apsimar Tiberius dan Ibuzir Glyavan mencoba membunuh Yustinianus, yang akhirnya diperingatkan oleh istrinya. Setelah mengirim istrinya yang sedang hamil kembali ke saudaranya, Yustinianus melarikan diri ke Danube Bulgaria. Dengan bantuan Bulgaria, ia berhasil merebut kembali Konstantinopel pada tahun 705.

Hubungan lebih lanjut antara kedua penguasa ini tidak sepenuhnya jelas. Kagan Ibuzir mengembalikan saudara perempuannya dan putra kandungnya, yang akhirnya dikirim oleh Yustinianus dengan seluruh armada mereka. Seiring berjalannya waktu, Ibuzir Glyavan mengunjungi Konstantinopel dan diterima dengan baik, diberikan penghargaan oleh Kaisar Bizantium. Di saat yang bersamaan, ia membawa Kherson di bawah proteksinya, karena penduduk kota Kherson ketakutan akan kemarahan Justinianus. Di kota itu, ia mempertahankan pemerintahan setempat dan muncul seorang pejabat Khazar bernama tudun.

Pada tahun 710, Yustinianus merebut kembali Kherson, mengeksekusi bangsawan setempat, dan mengirim tudun ke Konstantinopel. Khawatir akan rencana-rencana Yustinianus selanjutnya, penduduk kota Krimea lainnya meminta bantuan Kagan. Pada tahun 711, Ibuzir Glyavan menghentikan serangan terhadap Kherson oleh tentara Bizantium. Upaya rekonsiliasi yang dicanangkan oleh Yustinianus, yang mencoba mengembalikan tudun, gagal ketika dia ditangkap oleh para pemberontak dan meninggal dalam perjalanan, yang sangat memprovokasi kebijakan Kagan Khazar. Vardan, yang sebelumnya diasingkan di Kherson, berhasil melarikan diri dan memproklamasikan dirinya sebagai kaisar. Kagan memberinya kebebasan setelah menerima sejumlah besar uang tebusan dari para pemberontak, dan Vardan memerintah di Konstantinopel.

Peristiwa ini adalah contoh yang paling mencolok dari pengaruh politik Khazaria, meskipun campur tangan seperti ini tidak terulang. Hal ini diyakini bahwa akibatnya adalah penguatan hubungan antara sekutu Khazar dan Bizantium dan pemulihan wilayah pengaruh Khazar di Krimea setelah kepergian Khazar dari Kherson. Detail selanjutnya tentang masa pemerintahan Ibuzir Glyavan tidak diketahui, tetapi diperkirakan berlangsung hingga tahun 730. Sumber menyebutkan bupati Parsbit pada tahun 730, dan dua tahun kemudian Khagan Virkhor naik takhta.

Dalam sejarah awal abad ke-19, sejarawan P. G. Butkov mengemukakan gagasan bahwa ungkapan "masa Busovo" dalam epik "Kampanye Kisah Igor" merujuk pada Kagan Ibuzir Glyavan.

Referensi[sunting | sunting sumber]