Burungkucing arfak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Burungkucing arfak
Ailuroedus arfakianus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliPtilonorhynchidae
GenusAiluroedus
SpesiesAiluroedus arfakianus
Meyer, A., 1874
Subspecies
See text

Burung Kucing Arfak ( Ailuroedus arfakianus ) merupakan salah satu spesies burung namdur(Ptilonorhynchidae) yang dapat ditemukan di Semenanjung Kepala Burung (Vogelkop) di bagian barat New Guinea .

Spesies ini sebelumnya dianggap sebagai subspesies dari burung kucing tutul sebelum diklasifikasikan ulang sebagai spesies berbeda pada tahun 2016. Martin Irestedt dan rekannya meneliti kompleks spesies burung kucing bertelinga hitam, berbintik, dan hijau secara genetis dan menemukan ada tujuh garis keturunan yang berbeda: burung kucing hijau ( A. crassirostris ) di Australia bagian timur dan burung kucing tutul ( A. maculosus ) di Queensland bagian timur. cabang paling awal, diikuti oleh burung kucing Huon ( A. astigmaticus ) dan burung kucing bertopi hitam ( A. melanocephalus ) di Papua bagian timur, burung kucing Arfak ( A. arfakianus ), burung kucing utara ( A. jobiensis ) di wilayah tengah-utara New Guinea, dan burung kucing bertelinga hitam ( A.melanotis ) di barat daya New Guinea, Kepulauan Aru, dan Queensland Utara jauh. [1]

Subspesies[sunting | sunting sumber]

  • Ailuroedus arfacianus misoliensisMayr & Meyer de Schauensee, 1939 : ditemukan di Pulau Misool (Papua)
  • Ailuroedus arfacianus arfacianusAB Meyer, 1874 : ditemukan di Pegunungan Vogelkop di barat laut New Guinea

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Irestedt, Martin; Batalha-Filho, Henrique; Roselaar, Cees S.; Christidis, Les; Ericson, Per G. P. "Contrasting phylogeographic signatures in two Australo-Papuan bowerbird species complexes (Aves: Ailuroedus)". Zoologica Scripta. doi:10.1111/zsc.12163.